Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Ingin Investor Asing dan Domestik Seimbang

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan bahwa membaiknya ekonomi Amerika Serikat (AS) berpotensi untuk membawa dampak negatif di pasar modal domestik. Hal ini disebabkan investor asing nilai kapitalisasinya mencapai lebih dari 60 persen.

"Investor asing sudah lebih dari 60 persen. Yang kita butuhkan saat ini adalah balance dengan investor domestik," ujar Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Pasar Modal OJK Nurhaida di Jakarta, Senin (30/3/2015).

Nurhaida menuturkan ketangguhan pasar modal akan bergantung pada investor yang paling mendominasi nilai kapitalisasi. Jika perbaikan ekonomi di luar negeri yang tidak dibarengi dengan perbaikan di dalam negeri maka akan mengguncang pasar modal domestik.

"Kalau di negara lain ada potensi investasi yang bagus, asing akan keluar. Maka, pasar kita akan guncang," tuturnya.

Dengan begitu, pasar modal domestik diharapkan bisa menciptakan pertumbuhan investor domestik untuk mengimbangi asing. "Jumlah investor kita masih 1% dari jumlah penduduk," ucap Nurhaida.

Selain berupaya untuk menumbuhkan jumlah investor, kata Nurhaida, pendalaman pasar keuangan domestik juga perlu dibarengi dari peningkatan keragaman produk investasi dan pengembangan infrastruktur pasar modal.

"Ada tiga building block yang paling penting untuk diperhatikan dalam upaya membangun financial market deepening, yaitu peningkatan sisi supply, demand, dan infrastruktur pasar modal," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: