Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bupati: UMKM Bisa Jadi Penyangga Perekonomian Daerah

Warta Ekonomi -

WE Online, Pandeglang - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa menjadi penyangga perekonomian daerah dan nasional.

"Karena itulah pemerintah perlu terus mendukung serta menata ulang kebijakan, kelembagaan dan tata kelola UMKM itu sehingga bisa menjadi penyangga ekonomi daerah dan nasional yang tangguh," katanya di Pandeglang, Banten, Selasa (31/3/2015).

Keberadaan UMKM, kata dia, sangat strategis untuk menopang perekonomian karena fungsinya sebagai penghubung antara sektor tradisional dan modern sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi sumber daya lokal. Bupati juga menyatakan untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pandeglang keberadaan UMKM dan koperasi sangat diperlukan.

Bahkan, kata dia, ke depan UMKM dan koperasi diharapkan menjadi "tulang punggung" perekonomian Kabupaten Pandeglang.

Pada umumnya, lanjut dia, pengembangan UMKM dan koperasi sudah mendapat dukungan dari pemerintah, dan ini tercermin dari berbagai usaha yang dilakukan dalam pemberdayaan usaha yang dilakukan dalam memberdayakan perekonomian rakyat di pedesaan.

Dukungan konkret pemerintah itu, kata dia, diantaranya melalui perbaikan infrastruktur fasilitas bagi pengembangan ekonomi rakyat dan subsidi dalam investasi. "UMKM juga mempunyai ketahanan yang lebih baik dibandingkan usaha besar karena lebih efesien dan mempunyai potensi yang besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, terus mendorong para pelaku UMKM dan koperasi agar bisa lebih maju dan berkembang. "Di Pandeglang pelaku UMKM dan koperasi cukup banyak, dan dengan dukungan semua pihak mereka akan terus berkembang," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: