Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ganjar: Sebagian Besar Rakyat Ingin Pembangunan Infrastruktur

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa pembangunan dan perbaikan berbagai infrastruktur menjadi usulan terbanyak dari pemerintah daerah serta perwakilan masyarakat pada musyawarah perencanaan pembangunan wilayah di enam keresidenan.

"Sebagian besar mengusulkan pembangunan terkait infrastruktur jalan, tapi bila ada yang mengusulkan di luar itu dan menjadi skala prioritas maka akan kita dorong," kata Ganjar di Semarang, Sabtu (4/4/2015).

Ia menjelaskan bahwa pemberian bantuan keuangan untuk 35 kabupaten/kota yang berasal dari APBD Jawa Tengah 2016 bukan berdasarkan keinginan pemerintah provinsi berencana menyumbangkan apa, tapi keinginan masyarakat atau pemerintah daerah yang disampaikan pada musrenbangwil.

Menurut Ganjar, metode yang terus didorong pelaksanaannya tersebut sebagai bentuk transparansi semua permintaan dari masyarakat yang ada.

"Kalau ini bisa dilaksanakan maka harapan saya APBD Jateng 2016 akan fit dengan kehendak rakyat," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ganjar mengharapkan bantuan keuangan dari Pemprov Jateng kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan pembangunan itu tidak diberikan secara terpisah dengan nominal yang kecil-kecil. "Saya dorong untuk bantuan keuangan tidak 'pating prithil' (terpisah), istilahnya ruas tuntas," katanya.

Dari seluruh pelaksanaan musrenbangwil 2015 di enam keresidenan di Provinsi Jateng, tercatat bahwa pembangunan berbagai infrastruktur menjadi usulan terbanyak dari masyarakat, yang kemudian disusul usulan di bidang kesehatan, ekonomi, pertanian, pelayanan masyarakat, dan sosial keagamaan.

Musrenbangwil Keresidenan Pati dilaksanakan pada Rabu (25/3/2015) di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jepara, musrenbangwil Keresidenan Semarang pada Kamis (26/3/2015) yang dipusatkan di rumah dinas Wali Kota Salatiga, musrenbangwil Keresidenan Kedu pada Jumat (27/3/2015) di rumah dinas Kepala Bakorwil II.

Kemudian, musrenbangwil Keresidenan Surakarta pada Selasa (31/3/2015) di Terminal Tawangmangu, musrenbangwil Keresidenan Banyumas pada Rabu (1/4/2015) di kompleks Hotel Owabong Purbalingga, dan musrenbangwil Keresidenan Pekalongan Kamis (2/4/2015) di Pendopo Pemerintah Kabupaten Tegal. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: