Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rupiah Pagi Ini Kembali Menguat Jadi Rp 12.940

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (9/4/2015) pagi bergerak menguat sebesar 17 poin menjadi Rp12.940 dibandingkan posisi sebelumnya Rp12.957 per dolar AS.

"Rupiah kembali bergerak menguat terhadap mata uang dolar AS bersamaan dengan mata uang lain di kawasan Asia, sentimen dari dalam negeri dan eksternal masih dapat menopang laju mata uang rupiah" kata Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Kamis (9/4/2015).

Dari dalam negeri, ia mengemukakan bahwa penguatan harga surat utang negara (SUN) menjadi salah satu sentimen positif bagi mata uang domestik.

Dari eksternal, lanjut dia, rilis notulensi rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menunjukkan bahwa masih adanya perbedaan pendapat mengenai kenaikan suku bunga AS di tahun ini menyusul perekembangan data ekonomi AS yang masih di bawah harapan menjadi sentimen negatif bagi dolar AS.

"Mengenai waktu kenaikan suku bunga AS masih terdapat perbedaan pendapat, dalam FOMC itu ada yang berpendapat bahwa kenaikan di Juni masih terlalu cepat," katanya.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova menambahkan bahwa rupiah masih berada di area positif meski dibayangi cadangan devisa periode Maret yang mengalami penurunan. "Meski cadangan devisa menurun namun optimisme terhadap perekonomian Indonesia yang akan tetap tumbuh pada tahun ini menjadi salah sattu penopang," katanya.

Ia mengatakan bahwa masih mengalirnya dana asing baik ke pasar saham maupun surat utang atau obligasi domestik menambah sentimen positif bagi mata uang rupiah. "Faktor itu, akan membawa rupiah untuk bergerak menguat ke depannya meski dibayangi oleh kebutuhan dolar AS yang akan tinggi pada kuartal II 2015 menyusul akan adanya jadwal pembagian dividen, pada situasi itu, investor asing biasanya akan memindahkan hasil dividen ke negeri asalnya," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: