Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2016, Indonesia Jadi Tuan Rumah Kongres Energi Bertaraf Internasional

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah World Renewable Energy Congress (WREC) 2016 atau Kongres Energi Terbarukan Dunia ke-15 Tahun 2016. Pertemuan dua tahunan para pakar dan praktisi bisnis energi terbarukan tingkat dunia ini akan diselenggarakan pada tanggal 19-23 September 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia Rachmat Gobel mengatakan pihaknya bangga menjadi tuan rumah WREC 2016 dan berharap kongres ini dapat memberikan manfaat kepada peserta baik dari negara maju maupun negara sedang berkembang untuk memajukan pemanfaatan energi terbarukan di seluruh dunia.

"Saya mengharapkan pertemuan akbar ini akan menjadi momentum pemicu dalam pemanfaaran energi terbarukan yang lebih masif dan konsisten sehingga dapat memberi dampak efektif untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil serta berdampak positif terhadap lingkungan hidup," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rachmat mengatakan kongres ini diharapkan akan mampu mendorong investasi di bidang energi terbarukan dan efisiensi energi, terutama di Indonesia dan negara-negara berkembang lain yang mempunyai potensi besar dalam pengembangan energi bersih.

"Khususnya di Indonesia, investasi tersebut tentunya diharapkan mampu memberikan kontribusi pembangunan industri berkelanjutan di tanah air," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana WREC 2016 Herman Darnel Ibrahim mengatakan kongres ini merupakan kesempatan besar untuk memberitahukan kepada dunia internasional mengenai perkembangan sektor energi, khususnya bidang energi terbarukan, yang terdapat di Indonesia. Ia mengatakan hal ini mengingat kongres ini akan dihadiri oleh sekitar 1.000 peserta dari 68 negara.

"WREC merupakan forum pertemuan para ilmuwan, pembuat kebijakan, pakar, pemimpin bisnis dan industri, organisasi masyarakat madani, operator, investor dan lembaga keuangan, organisasi donor internasional yang terlibat dalam upaya global untuk mendorong peningkatan pemanfaatan energi bersih dan terbarukan," katanya.

Herman Darnel menyampaikan para peserta kongres akan saling berbagi pengetahuan dan inovasi terbaru serta berbagi pengalaman praktik dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan dan upaya efisiensi energi.

"Selama berlangsungnya kongres ini akan diselenggarakan pula pameran berskala cukup besar dalam bidang-bidang terkait yang diharapkan akan diikuti oleh banyak peserta dari kalangan industri, lembaga penelitian, inovator teknologi, yang ingin memamerkan capaian-capaian terkini dalam bidang yang terkait dengan pemanfaatan energi terbarukan dan praktik-praktik efisiensi dan konservasi energi kelas dunia," pungkasnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: