Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Indonesia Siap Sambut Investor Malaysia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan pihaknya siap menyambut masuknya investor Malaysia untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Franky dalam keterangan tertulisnya menanggapi pernyataan Wakil Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyidin Yasin bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi pengusaha Malaysia untuk meningkatkan investasi di Indonesia sebagaimana disampaikan dalam dialog dengan pengurus Kadin di Jakarta Rabu kemarin, (8/4/2015). 

Menurutnya, salah satu fokus BKPM adalah menarik investasi ke Indonesia dari negara-negara ASEAN, khususnya Malaysia.

"Malaysia bersama Singapura merupakan negara ASEAN yang sudah menjadi mitra investasi Indonesia. Bahkan, pada tahun 2014 Malaysia menempati peringkat ketiga negara dengan investasi terbesar di Indonesia sebesar US$ 1,8 miliar. Ini untuk pertama kalinya sejak tahun 2010 Malaysia masuk lima besar negara dengan investasi terbesar di Indonesia," katanya.

Ia menambahkan potensi investasi dari Malaysia masih bisa dioptimalkan mengingat rasio investasi Malaysia yang belum sebesar Singapura atau negara mitra investasi utama Indonesia lainnya.

Menurut data BKPM, sepanjang 2005-2014 rasio investasi Malaysia sebesar 28,31%, di mana rencana investasi Malaysia periode tersebut US$ 16,14 miliar dan realisasi investasinya sebesar US$ 4,57 miliar.

Sementara, Singapura pada periode yang sama sepanjang 2005-2014 memiliki rasio investasi sebesar 53,59% dari rencana investasi periode 2005-2014 sejumlah US$ 63,01 miliar dan realisasi investasi sebesar US$ 33,77 miliar dalam periode yang sama.

"Angka rasio investasi tersebut masih di bawah Jepang yang mencapai 62% atau Korea Selatan yang mencapai 70%. Langkah BKPM untuk menggenjot realisasi investasi dari Malaysia adalah dengan memaksimalkan kantor perwakilan BKPM yang ada di Singapura. Kami juga berkoordinasi dengan stakeholders termasuk KBRI yang ada di Malaysia untuk mempromosikan potensi investasi di Indonesia," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: