Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KAI Jember Layani Tiket Arus Mudik Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jember - PT Kereta Api Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, sudah melayani pembelian tiket mudik angkutan Lebaran 2015 secara daring (online) dan melalui sejumlah stasiun kereta api.

"PT KAI sudah mulai melayani tiket untuk arus mudik Lebaran sejak Sabtu (11/4) pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan pada H-7 Lebaran," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Eko Sri Mulyanto, di Jember, Rabu (15/4/2015).

Menurut dia, pelayanan pemesanan tiket kereta api dapat dilayani H-90 keberangkatan dan pemesanan tersebut dapat dilakukan di outlet eksternal, minimarket dan internal di sejumlah stasiun. "Hingga hari ini sudah ada warga yang memesan tiket mudik Lebaran dengan berbagai tujuan di antaranya Surabaya, Madiun, Purwokerto, dan Yogyakarta," tuturnya.

Ia menjelaskan penjualan tiket Lebaran pada 11 April 2015 untuk pemesanan keberangkatan H-7 Lebaran atau 10 Juli 2015, kemudian untuk tanggal 12 April 2015 melayani pemesanan untuk keberangkatan H-6 Lebaran atau 11 Juli 2015, begitu seterusnya.

"Saat ini kuota tempat duduk yang tersedia untuk tiket mudik Lebaran di seluruh rangkaian kereta di wilayah Daop IX Jember masih banyak dan belum mencapai 5 persen dari total jumlah kursi yang tersedia," paparnya.

Data di Daop Jember, lanjut dia, sudah ada warga yang membeli tiket mudik H-7 Lebaran di antaranya rangkaian KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto maupun sebaliknya, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta maupun sebaliknya, dan KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya.

"Hampir semua rangkaian kereta di wilayah Daop IX sudah ada yang pesan untuk keberangkatan H-7 Lebaran, namun hingga hari Rabu ini masih belum signifikan jumlahnya," katanya.

Rangkaian kereta yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop IX Jember yakni kereta kelas eksekutif dan bisnis KA Mutiara Timur Siang dan KA Mutiara Timur malam, KA Logawa, KA Sritanjung, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya.

Sementara itu, kereta lokal yakni KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi, dan KA Probowangi jurusan Probolinggo-Banyuwangi. "Kami tidak akan menambah rangkaian kereta, namun memaksimalkan rangkaian kereta yang sudah ada sesuai dengan kapasitas daya angkut lokomotif masing-masing kereta," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: