Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

QNB Luncurkan Pusat Kliring Tiongkok di Qatar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Qatar National Bank (QCB) kemarin (14/4/2015) meluncurkan pembukaan Pusat Kliring (Clearing Hub) pertama di Timur Tengah untuk mata uang Tiongkok di Doha.

Konsep Pusat Kliring Regional ini merupakan salah satu ketentuan utama dari perjanjian keuangan yang telah ditandatangani oleh Qatar dan Republik Rakyat Tiongkok sebagai tindak lanjut dari pertemuan kedua negara tersebut yang dilaksanakan pada bulan November 2014.

Dengan pembukaan Pusat Kliring ini, QNB Group berharap dapat mulai memainkan peran penting dalam membantu klien-klien di Timur Tengah dan benua Afrika di masa depan terkait dengan kebutuhan-kebutuhan mata uang Renminbi.

Hal ini berasal dari kehadiran mereka yang kuat di Asia Tenggara dan kemampuan mereka dalam melakukan transaksi-transaksi bisnis keuangan khusus di bidang kliring mata uang, keuangan dalam perdagangan, pengelolaan asset dan kekayaan serta layanan treasury.

"Sebagai bank terbesar di Qatar, QNB telah selaras dan mendukung penuh inisiatif yang dicetuskan oleh QCB. Pembentukan Pusat Kliring pertama di Timur Tengah dan Afrika untuk mata uang Renmimbi ini akan melayani kebutuhan-kebutuhan klien dan menempatkan Doha sebagai pusat perdagangan antara Timur Tengah-Tiongkok," kata Noor Al Noaimi, Acting GM Treasury melalui keterangan resminya yang diterima Warta Ekonomi, Rabu (15/4/2015).

Menurutnya, hal ini akan menciptakan koridor “Timur-Barat” yang signifikan untuk para klien dan pebisnis yang ingin melakukan transaksi dengan mata uang Renmimbi, serta melakukan kegiatan bisnis di salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut.

"Sebagai satu-satunya bank Qatar yang memiliki kantor di Tiongkok, kami percaya bahwa QNB berada di posisi yang tepat untuk memperoleh manfaat komersial dari infrastruktur kliring langsung dan memberikan nilai masa depan serta keuntungan bagi klien-klien yang terus tumbuh dan memiliki perspektif internasional," tambah Noor Al Noaimi.

Sebagai bagian dari rencana dan aspirasi ekspansi di benua Asia yang terus berkembang, jaringan operasi QNB sekarang akan mengambil peran dalam perluasan layanan perantara di bidang investasi dan perdagangan dengan perusahaan-perusahaan Timur Tengah yang melihat peluang untuk melakukan ekspansi di Tiongkok atau hanya sekedar berinvestasi di benua Asia.

Selain itu, QNB juga akan berperan sebagai perantara dengan perusahaan-perusahan  Tiongkok dan negara Asia lainnya yang sedang berencana untuk memperluas bisnis mereka ke pasar Timur Tengah dan Afrika yang terus berkembang, serta memfasilitasi kegiatan investasi mereka.

"Pendekatan serta dukungan QNB Group untuk konsep Pusat Kliring Regional ini berpusat pada dua pilar kembar yakni kinerja keuangan yang sehat serta ekspansi internasional secara bijaksana," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: