Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pencurian Jaringan Listrik, PLN Tangerang Sita Kabel Milik Petani

Warta Ekonomi -

WE Online, Tangerang - PLN Area Cikupa melakukan pemutusan dan menyita kabel sepanjang 500 meter milik petani di Desa Kandawati, Gunung Kaler, Tangerang, terkait pencurian listrik untuk pengairan sawah.

Wakil Manajer PLN Cikupa, Oetoro yang dihubungi di Tangerang, Kamis (16/4/2015), mengatakan, pencurian listrik itu dilakukan dengan sengaja oleh petani untuk menghidupkan mesin penyedot air yang diambil secara ilegal dari jaringan PLN melalui kabel listrik dengan setiap mesinnya mempunyai daya listrik 6.500 VA.

Akibat dari pencurian listrik tersebut, PLN mengalami kerugian sebesar Rp225 juta setiap bulan atau kehilangan 260 ribu KWH setiap bulan. "Kita sudah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Koramil setempat termasuk saat proses penertiban dan akan memberikan sanksi kepada oknum yang melakukan pencurian bila tidak membayar denda," ujarnya.

Dia menjelaskan, pencurian listrik untuk pengairan sawah petani tersebut dilakukan secara sistematik dikoordinir oknum warga.

Oknum tersebut menyewakan mesin pompa penyedot air kepada petani dengan tarif Rp8 juta per mesin. Dari data yang diperoleh, ada 75 mesin yang digunakan di wilayah tersebut untuk pengairan 60 hektar sawah. Aksi pencurian tersebut pun telah berlangsung selama dua bulan. "Kita akan terus melakukan pendataan dan investigasi terhadap pencurian listrik ini. Karena disinyalir masih ada lagi," ujarnya.

Kemudian berdasarkan informasi yang dikumpulkan pihaknya dari warga setempat yang diutarakan oleh Nanta jika tawaran sewa mesin itu diterima karena untuk proses panen. Karena sawah di wilayahn itu merupakan sawah tadah hujan sehingga sangat membutuhkan mesin penyedot air. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: