Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, BI Sulsel Sosialisasi SID

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan sosialisasi Sistem Informasi Debitur (SID) untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, sekaligus menjaga reputasi kredit.

"Sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai latar belakang, fungsi, dan alur SID," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Wilayah I Sulawesi, Maluku, dan Papua Causa Iman Karana di Makassar, Kamis (17/4/2015).

Menurut dia, dengan mengetahui fungsi dan kinerja SID, maka juga akan meningkatkan akses masyarakat luas terhadap fasilitas kredit termasuk dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga reputasi kredit.

Dia mengatakan, peran BI sebagai fasilitas dalam mendorong fungsi intermediasi perbankan dalam memajukan sektor riil melalui optimalisasi SID yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah. "Jadi, SID bagi masyarakat dan juga debitur itu yang pertama adalah memberikan pemahaman tentang fungsi, alur kinerja SID, sedangkan bagi perbankan itu adalah alat untuk mitigasi risiko," katanya.

Berkaitan dengan perkembangan SID, lanjut dia, hingga kini jumlah pelapor bank umum sebanyak 119 dengan 3.611 kantor cabang, sedang BPR 1.348 dengan 2.915 kantor cabang dan 28 perusahaan pembiayaan di seluruh Indonesia. Untuk jumlah permintaan Informasi Debitur Individual (IDI) secara nasional adalah sekitar 2,5 juta permintaan rata-rata setiap bulan pada 2015.

Sementara itu, di wilayah Kantor Perwakilan BI Prov Sulsel jumlah pelapor adalah 48 bank umum dengan 148 kantor cabang. Sedangkan BPS/S sebanyak 17 BPR/S dengan 29 kantor cabang. Karena itu, Kantor Perwakilan BI Prov Sulsel juga membuka pelayanan permintaan IDI kepada masyarakat (debitur).

"Saat ini kami melayani permintaan pengajuan IDI setiap hari kerja dan pengambilan hasilnya (IDI historis) pada Rabu dan Kamis pukul 14.00 - 16.00 Wita," kata Iman.

Berdasarkan data Kantor Perwakilan BI Sulsel, selama periode Januari 2014 hingga Maret 2015, terdapat 485 keluhan terkait SID atau rata-rata 32 permintaan per bulan. Dari jumlah keluhan itu, sebagian besar disebabkan kurangnya penjelasan dari pihak bank kepada debitur bersangkutan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: