Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Alasan Liga Indonesia Tolak Pemain Asing PSM

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi menjelaskan alasan pihaknya menolak pemain asing PSM, Nenad Begovic' untuk berlaga pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) atau QNB League musim 2015-2016.

Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigor Shalom Boboy melalui surat yang dikirimkan ke manajamen PSM di Makassar, Kamis (16/4/2015), mengatakan status kompetisi Canadian Soccer League (CSL) tempat Nenad bermain ternyata bukan merupakan kompetisi yang diakui oleh federasi dan juga FIFA (non-FIFA sanctioned).

"Status liganya itu hanya kompetisi semi-profesional sebagaimana dijelaskan dalam website resminya canadiansoccerleague.ca.," katanya.

Kompetisi CSL sendiri berada di strata III di bawah Major League Soccer (MLS), yang melibatkan tiga klub dari Canada dan North American Soccer League (NASL) yang diikuti juga oleh dua klub dari Canada. MLS dan NASL merupakan kompetisi yang diakui oleh federasi dan FIFA (FIFA sanctioned).

Adapun kompetisi CSL berdasarkan sejarahnya pernah diakui sebagai kompetisi semi-profesional pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 oleh Canadian Soccer Association (CSA).

"Sejak musim 2013 dan musim 2014 status kompetisi tersebut di banned dan tidak diakui oleh Canadian Soccer Association (CSA)," ujarnya.

Ia menjelaskan, liga CSL sendiri dibanned karena kasus Match-Fixing. Kemudian, lanjut dia, dalam website resmi FIFA dan CSA, kompetisi tertinggi yang diakui di Canada adalah Amway Canadian Championship sehingga status CSL sebagaimana dijelaskan dalam surat yang disampaikan oleh klub maupun agen sebelumnya tidak dapat diterima.

Berdasarkan hal itu, maka PT LI berkesimpulan, kompetisi CSL tidak termasuk dalam kompetisi resmi yang diakui oleh federasi yang bersangkutan dalam hal ini Canadian Soccer Association khususnya pada musim 2014.

Direktur Klub PSM, Sumirlan juga sudah memastikan pemain yang bersangkutan tidak akan memperkuat tim karena tidak mendapat restu dari PT Liga Indonesia. Pihaknya bersama agen Eddy Syach pada dasarnya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencari solusi namun pada akhirnya tetap tidak berjalan sesuai yang diharapkan.

"Nenad tidak bisa perkuat kita lagi. Kita sudah berusaha keras tetapi tetap tidak bisa," kata Sumirlan, seraya menunjukkan surat keterangan dari PT Liga Indonesia. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: