Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Diminta Dengarkan Suara Masyarakat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menyarankan agar masyarakat saja yang menilai bagaimana komposisi kabinet terbaik.

"Beberapa waktu lalu banyak suara dari masyarakat yang sudah sadar dengan keadaan politik Indonesia, maka sebaiknya dari mereka saja," kata Hendri Satrio di Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Ia menjelaskan banyak survei yang telah menyajikan opini dan pilihan kepada masyarakat tentang pergantian kabinet, hal tersebut bisa menjadi gambaran.

"Dari beberapa survei seharusnya bisa memberi gambaran, bagaimana masyarakat bisa menilai kinerja tokoh-tokoh di kabinet," katanya.

Menurut dia, sebaiknya masyrakat ikut berperan aktif dalam penentuan profesional yang menempati posisi kabinet, walau hanya sebagai gambaran saja. Ia menyarankan ada beberapa pilihan dalam melakukan tindakan aktif guna memberikan opini kepada para pemerintah.

Terkait masyarakat yang ingin berperan, tidak perlu berlaku anarkis bisa melalui LSM atau lembaga yang menyajikan poliing.

"Ya ada baiknya pemerintah dengarkan aspirasi masyarakat," kata Hendri yang juga menjadi juru bicara dari www.uneg2politik.com.

Ia memberikan pilihan saran, beberapa di antaranya, menteri tidak berubah, namun bisa dirotasi jabatannya. Kemudian dimasukkan beberapa tambahan menteri dari kalangan profesional atau akademisi.

"Arahan pendapat masyarakat bisa dilihat melalui berbagai hasil survei tesebut, silakan masukkan aspirasi," tuturnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: