Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wow, Batu Akik Bergambar Jerapah Dihargai Rp 500 Juta

Warta Ekonomi -

WE Online, Kuningan - Batu akik bergambar jerapah, indah warna dan panorama alam di Kuningan, Jawa Barat, yang akan diikutkan dalam kontes akik Kuningan 25 April 2015 dihargai masing-masing Rp500 juta.

"Ketiga batu akik berukuran sekitar lima sentimeter tersebut kami hargai Rp500 juta dan akan diikutkan dalam kontes batu akik Kuningan, kontes akik tingkat Jabar, meupun nasional," kata pemilik, sekaligus panitia Pameran Batu Akik Kuningan, Kuswara kepada wartawan di Kuningan, Sabtu (18/4/2015).

Menurut dia, ketiga batu akik tersebut merupakan asli bebatuan Kuningan, Jawa Barat yang dikenal Bacin (batu Ciniru) dengan jenis akik kalsidon. Pameran batu akik yang dibuka, Sabtu (18/4/2015) berlangsung selama 10 hari di antaranya dilakukan kontes batu akik, baik dari Kuningan maupun dari luar daerah dan luar propinsi.

Peserta pameran itu antara lain datang dari Garut, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Lampung dan NTT sebanyak 40 saung.

"Kami sengaja mengundang peserta dari luar sekaligus untuk mempromosikan jenis batu mulia dari Kuningan yang memiliki ciri khas antara lain batunya warna kuning," katanya.

Mengenai penambangan sendiri, di Kuningan sifatnya baru sebatas "pemulung" ditepi sungai dan patahan-patahan tebing, sehingga belum tergolong penambangan yang mengancam kerusakan lingkungan, katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: