Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden ke PTPN: Jangan Cuma Ekspor Bahan Mentah

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Presiden RI Joko Widodo, Jokowi, meminta agar aset PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III dapat menjadi lebih produktif dengan meningkatkan nilai tambah komoditas tersebut.

"Aset PTPN ke depan memang harus lebih diproduktifkan artinya baik karet maupun kelapa sawit harus ada hilirisasi. Bertahun-tahun kita memproduksi bahan mentahnya saja seharusnya dapat diolah menjadi produksi hampir barang jadi," ujar Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke kebun karet PTPN III di Sei Karang, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (18/4/2015).

Presiden berharap agar jangan sampai indonesia terus mengekspor bahan mentah setelah memproduksi komoditas yang sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun.

"Jangan sampai berpuluh-puluh tahun mengekspor bahan mentah, bisa rugi kita. Kalau bisa minimal diproduksi menjadi bahan setengah jadi, syukur-syukur bisa jadi produk jadi," ujar Presiden Joko Widodo.

Menurut presiden, hal tersebut dapat tercapai dengan bantuan penyertaan modal dari pemerintah yang melalui evaluasi terlebih dahulu.

Presiden mencontohkan bahwa komoditas seperti karet dapat diolah menjadi lembar karet yang kemudian bisa dimasukkan ke industri ban dan produk lainnya, untuk kelapa sawit dapat diolah menjadi minyak goreng, margarin, sabun dan kosmetik Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden didampingi oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: