Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Segera Resmikan Smelter di Morowali

Warta Ekonomi -

WE Online, Palu-Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian pabrik pengolahan nikel (smelter) yang dibangun PT Sulawesi Mining Investment di Kawasan Industri Morowali, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sulawesi Tengah Ch Shandra Tobondo di Palu, Minggu, mengatakan sebelum peresmian tersebut, Kepala BKPM RI Franky Sibarani bersama Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Azhar Lubis telah meninjau realisasi pembangunan smelter dengan investasi 635 juta dolar AS tersebut.

Shandra mengatakan pada kunjungan 17 April 2015 itu, Kepala BKPM melihat langsung realisasi pembangunan pabrik, berdialog dengan pekerja dan para pemilik modal.

Hasil kunjungan tersebut akan dilaporkan ke Presiden terkait kemungkinan waktu pelaksanaan peresmian.

Pembangunan smelter tahap awal tersebut sudah hampir rampung seluruhnya dan rencananya akan melakukan ekspor perdana pada akhir April atau awal Mei 2015.

Shandra mengatakan para pemegang saham dalam kunjungan tersebut berdialog langsung dengan Kepala BKPM RI Franky Sibarani dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola terkait aturan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.

Shandra mengatakan para investor mengemukakan perbedaan pemberlakuan aturan tenaga kerja antara Indonesia dengan China.

Di China perusahaan dapat menerima tenaga kerja ahli di bidangnya walaupun tidak melalui pendidikan formal sampai sarjana sepanjang memiliki kualifikasi kejuruan di sekolah kejuruan tertentu.

Sementara aturan ketenagakerjaan asing yang bekerja di Indonesia harus berkualifikasi sarjana strata satu.

Shandra juga mengatakan investor berharap mereka diberi kemudahan dalam berinventasi di Kawasan Industri Morowali karena mereka akan berinvestasi cukup besar di Wilayah tersebut dengan nilai investasi selama tiga tahun sebesar lima miliar dolar. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: