Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Pertalite Rp 8.000-8.300

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) dengan research octane number (RON) 90 pada Mei 2015. BBM bernama Pertalite ini diyakini lebih baik dari jenis Premium RON 88, namun masih kalah dibandingkan Pertamax RON 92.

Hal itu dikatakan Vice President Fuel Marketing Pertamina Muhammad Iskandar saat diskusi Energi Kita di restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Minggu (19/4/2015).

"Kita akan menambah varian produk, yakni RON 90 sebagai pilihan alternatif bagi masyarakat," kata Iskandar kepada awak media.

Untuk harga Pertalite RON 90, Iskandar menjelaskan perseroan akan mematok harga di kisaran Rp 8 ribuan per liter. "Kita akan mengambil medium range antara premium dan pertamax. Jadi, kita akan jual sekitar Rp 8.000-8.300/liter," ungkapnya.

Meski berada di bawah Pertamax, dia yakin Pertalite dapat memenuhi tuntutan industri otomotif yang menggunakan teknologi mesin dengan BBM di atas RON 88.

"Launching varian produk ini memang untuk memenuhi requirement teknologi mesin di industri otomotif. Sekarang coba motor matik diisi RON 88 pasti tarikannya beratkan?" jelas dia.

Dia berharap bahwa ke depan masyarakat akan mulai beralih dari premium ke pertalite sehingga bisa mengurangi kebutuhan premium yang sebagian besar masih impor.

"Untuk penuhi kebutuhan BBM domestik kita selama ini impor premium RON 88 sekitar 70 persen. Kilang kita desainnya kilang lama, yang produknya kelas bawah, sehingga kalau ditarik ke atas, pasti tidak efisien," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: