Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin Harapkan Pemerintah Aktifkan Lagi Klinik Bisnis

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meminta pemerintah mengaktifkan kembali program klinik bisnis karena dinilai efektif untuk meningkatkan daya saing dunia usaha.

"Saya mengharapkan klinik bisnis seperti beberapa tahun lalu diaktifkan lagi, karena mampu meningkatkan usaha Industri Kecil dan Menengah di Sulut," kata Ketua Kadin Kabupaten Minahasa Utara, Daniel Pesik, di Manado, Senin (20/4/2015).

Klinik bisnis tersebut tidak hanya memberikan pembekalan tentang prosedur ekspor-impor saja, tetapi juga bantuan permodalan maupun penjaminan proyek, serta melatih dan dapat dijadikan promosi tersendiri bagi pengusaha daerah. Daniel mengatakan soal teknologi, sumber daya manusia (SDM) dan perbankan masih menjadi hambatan yang ditemui bagi para industri kecil dan menengah di daerah.

Untuk memanfaatkan potensi yang besar pada IKM dengan berbagai produk inovasinya, Kadin harap klinik bisnis bisa jalan lagi,karena banyak yang akan didapat oara industri tersebut. Para pelaku IKM daerah yang memiliki potensi untuk melakukan ekspor dinilai masih minim pengetahuan akan informasi lembaga pembiayaan ekspor.

Dukungan permodalan adalah salah satu bagian yang penting bagi para pelaku usaha. Diharapkan lembaga pembiayaan tidak hanya menjamin dari segi komoditasnya saja, tetapi juga terhadap jaminan-jaminan pembayaran dengan pihak pembeli asing.

"Untuk itu, para pelaku IKM daerah harus lebih mengetahui lagi prosedur-prosedur pembiayaan ekspor," katanya.

Kadin berharap, IKM di Sulut akan selalu siap bersaing dengan negara luar, apalagi dalam waktu dekat kita akan masuk dalam pasar bebas ASEAN. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mengharuskan kita siap menghadapi segala persaingan dan tantangan khususnya di sisi perdagangan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: