Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank BTN Luncurkan 'Housing Index'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Rumah telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia setelah pangan dan sandang. Oleh karena itu, pemerintah pun mulai serius menangani masalah pemenuhan kebutuhan pokok akan papan ini dengan diluncurkannya program sejuta rumah.

"Kami sangat mendukung program ini dan sebagai pemain terbesar dalam bisnis pembiayaan perumahan di Indonesia, BTN memprakarsai terbentuknya housing index yang dapat dipakai sebagai salah satu pertimbangan teknis dalam pengambilan kebijakan atau keputusan bisnis menyangkut perumahan," kata Direktur Bank BTN  Mansyur S Nasution usai meresmikan Office of BTN Housing Finance Center di wilayah Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/4/2015).

BTN Housing Index (BTNHI) ini, lanjutnya, merupakan indeks terkait bisnis pembiayaan perumahan secara nasional. Data-data dalam BTNHI dapat dimanfaatkan untuk mengetahui potensi bisnis pembangunan perumahan pada wilayah tertentu sekaligus dapat melihat pertumbuhan harga-harga properti di daerah.

"Data yang ada sangat terukur karena potret yang dipakai adalah kredit-kredit yang disalurkan Bank BTN pada industri perumahan secara nasional. Untuk itu, diharapkan dapat membantu pemerintah atau pengembang bahkan masyarakat terkait dengan bisnis pembiayaan perumahan," tambahnya.

Mansyur menambahkan BTNHI tidak sama dengan Indeks Harga Properti Residensial Bank Indonesia. BTNHI dihitung berdasarkan transaksi riil nasabah Bank BTN. Sementara HPRBI berdasarkan harga listing pengembang yang dijadikan responden.

"Determinasi harga dalam BTNHI mencakup primer dan sekunder. HPRBI hanya mencakup harga sekunder. BTNHI diharapkan dapat melengkapi data yang sudah ada saat ini dengan layanan yang berbeda. Kami optimis BTN Housing Index akan menjadi bagian strategis dalam pengembangan bisnis pembiayaan perumahan di Indonesia karena dikelola langsung dari sumbernya," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: