Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ibu Negara Akan Luncurkan Program Deteksi Dini Kanker pada Perempuan

Warta Ekonomi -

WE Online, Kulon Progo - Ketua Dewan pembina Organisasi Aksi Solidartas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) akan meluncurkan pencanangan program nasional peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia 2015-2019.

Dalam siaran pers OASE-KK, Selasa (21/4/2015), pencanangan program nasional "Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia" untuk periode 2015-2019 oleh Ibu Iriana Joko Widodo ini dipusatkan di Puskesmas Nanggulan Kulon Progo dan 10 kota lain di Indonesia.

Untuk daerah-daerah yang kemudian terbatas memiliki dokter dan tenaga medis, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) diharapkan dapat mengidentifikasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan yang telah memiliki paket "flying health care".

Paket ini adalah bagian dari mutu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Dalam Rencana Strategis 2014-2019, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan FKTP bagi daerah terpencil dan sangat terpencil dan kabupaten/kota yang tidak memiliki dokter spesialis.

Selain itu "flying doctors" juga sudah menjadi bagian dari program global MDGs (Millennium Development Goals). Dengan dikoordinasikan oleh para pendamping menteri dan pejabat eksekutif dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK di dalam OASE-KK, kader ibu-ibu PKK seluruh Indonesia memang wajib menjadi agen perubahan yang paling komprehensif.

Program ini juga dicanangkan secara bersamaan di kota, yakni:

1. Puskesmas Tg Morawa Sumatera Utara dicanangkan oleh Ibu Hanifah Husein Baldan, Ibu Elisye Laoli, Ibu Velly Yuddy Chrisnandi.

2. Puskesmas Dempo, Sumatera Selatan oleh Ibu Andresca Saleh Husein, Ibu Yasmin Fachir, Ibu Ros Prasetyo.

3. Puskesmas Panjang, Lampung oleh Ibu Nora Ryacudu, Ibu Fatiah Karno.

4. Puskesmas Jatinegara dan Ruang Situasi Kemenkes, DKI Jakarta oleh Ibu Ade Gobel, Ibu Daisy Andi Widjajanto.

5. Puskesmas Kota Serang, Banten oleh Ibu Ratnawati Jonan, Ibu Trisna WIlly.

6. Puskesmas Klari, Jawa Barat oleh Ibu Poni Irawati Yahya, Ibu Jenni Muslim, Ibu Ira Zega Brojonegoro.

7. Puskesmas Wiradesa, Jawa Tengah oleh Ibu Kartika Basuki, Ibu Marifah Hanif Dhakiri, Ibu Ari Haryati, Ibu Fery Baswedan.

8. Puskesmas Nanggulan, Kulon Progo, DI Yogyakarta oleh Ibu Nining I. Soesilo, Ibu Erni Tjahjo Kumolo, Ibu Ida Pratikno, Ibu Lis Untung.

9. Puskesmas Pulolor, Jawa Timur oleh Ibu Shobibah Rahman, Ibu Ria, Ibu Hasbiyah Nasir.

10. Puskesmas Batua, Sulawesi Selatan oleh Ibu Martati Amran, Ibu Anna Tedjo Edy, Ibu Koes Moeldoko, Ibu Marciano 11. Puskesmas Bakunase, Kupang NTT: Ibu Bintan Puspa Yoga, Ibu Ratna Megawangi, Ibu Rini Rudiantara. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: