Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Indonesia: SDM Lokal Itu Penting

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (Toyota Indonesia) Warih Andang Tjahjono mengatakan Toyota Indonesia berkeyakinan bahwa sumber daya manusia (SDM) lokal memiliki pemahaman tentang karakteristik dan keinginan konsumen di Indonesia. Untuk itu, ia menjelaskan SDM lokal memiliki peran penting dalam menentukan arah perusahaan.

"Pada intinya kami (SDM lokal) selalu dilibatkan (dalam menentukan arah perusahaan). Kami ikut terlibat dan berkontribusi dalam menentukan strategi perusahaan dan mengombinasikan dengan arahan dari principal," kata Warih di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Warih mengatakan SDM lokal pada dasarnya memiliki kualitas yang tidak kalah apabila dibandingkan dengan SDM-SDM dari negara lain. Untuk itu, Toyota Indonesia siap memberdayakan potensi SDM yang dimiliki oleh Indonesia untuk level-level strategis.

"Kami meyakini bahwa kearifan sumber daya lokal dalam memandang situasi kondisi di area perusahaan sangat tepat dalam menentukan arah perusahaan karena local people memahami kekuatan, peluang, serta tantangan yang dihadapi oleh perusahaan," jelasnya.

Sebelumnya, Warih mengatakan bahwa pada tahun 2015 ini pihaknya akan fokus pada peningkatan kapabilitas SDM. Ia menjelaskan hal tersebut dilakukan karena SDM yang terampil dan andal merupakan kunci bagi keberhasilan perusahaan. Ia merinci pengembangan SDM yang terampil, kompeten, dan kompetitif akan mempertahankan dan meningkatkan posisi Toyota Indonesia di pasar domestik dan ekspor.

"Sesuai dengan semangat we make people before we make products kami percaya bahwa SDM yang andal merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan layanan. Kami juga menaruh perhatian besar dalam mengembangkan SDM di business chain kami melalui beragam aktivitas kerja sama sehingga pelanggan kami mendapatkan produk dan pelayanan berkualitas tinggi dari hulu ke hilir," jelasnya.

Untuk mewujudkan peningkatan kapabilitas SDM tersebut, ia mengatakan Toyota Indonesia telah mempersiapkan beberapa langkah seperti pembangunan pusat pelatihan terpadu yang disebut denganTMMIN Learning Center. Pusat pelatihan terpadu, lanjutnya, merupakan tempat seluruh karyawan dilatih agar memiliki kompetensi sesuai dengan standar global Toyota.

"Selain itu, dalam hal pengembangan SDM kami juga memiliki beberapa instrumen seperti aktivitas gugus kendali mutu atau quality control circle (QCC) yang melatih para karyawan untuk bersikap kritis dalam memecahkan sebuah permasalahan," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: