Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Setya Novanto: Saya Prihatin dengan KBRI di Yaman

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto prihatin atas hancurnya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sana'a, Yaman, sehingga pemerintah perlu segera mengatasi kondisi tersebut.

"Ini tentu saya sangat menyayangkan kejadian terhadap gedung KBRI kita (di Yaman), memang situasi konflik yang ada tidak seperti di Indonesia dalam keadaan damai," katanya di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Dia mengatakan, Kementerian Luar Negeri Indonesia harus segera membantu warga negara Indonesia yang masih ada di Yaman untuk segera dievakuasi. Setya meminta kepada Menteri Luar Negeri Indonesia segera mengundang koalisi Arab Saudi untuk menyelesaikan kondisi tersebut dengan baik.

"Kami harapkan pemerintah Indonesia segera membantu dan mengevakuasi WNI yang masih ada di Yaman," ujarnya.

Dia meminta Menlu RI mengkaji dan meneliti apakah Indonesia perlu menarik staf keduataan Indonesia dari Yaman. Setya menyerahkan kepada Kemenlu untuk meneliti dan menindaklanjuti sebab musabab kejadian tersebut agar lebih jelas mengambil kebijakan.

"Hancurnya KBRI di Yaman itu di luar dugaan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah serangan bom menghancurkan kantor KBRI di Ibu Kota Yaman, Sana'a. Peristiwa itu mengakibatkan tiga orang terluka, semua staf KBRI yang berjumlah 17 orang terpaksa dievakuasi ke kediaman duta besar Indonesia di kota tersebut.

Menlu RI Retno Marsudi menegaskan Pemerintah Indonesia mengecam keras serangan bom di Ibu Kota Sana'a yang terjadi pada Senin (20/4) pukul 10.45 waktu setempat.

Gedung KBRI Sana'a diduga kuat menjadi "korban" serangan udara yang ditujukan kepada sebuah basis militer yang menyimpan sejumlah rudal Scud di pegunungan Faj Attan, Yaman. Lokasi basis militer itu tak jauh dari distrik Hadda, tempat Istana Kepresidenan Yaman dan sejumlah kantor perwakilan negara asing. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: