Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri Susi Menangis Saat Hari Kelahiran Ibu di Hari Kartini

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menangis terisak-isak saat memberikan Pidato Kedaulatan di Ballroom Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka menyambut Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

"Hari ini juga hari spesial karena pada hari ini juga hari lahir ibu saya," kata Menteri Susi kepada para pegawai KKP yang menjadi penyimak pidatonya di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Menteri Susi yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan perempuan di RI, mulai terisak ketika mengingat perjuangan yang harus dilalui dalam kehidupan sang ibundanya. Susi mengungkapkan sang ibunda melarikan diri dari keluarganya pada usia 12 tahun karena tidak ingin dijodohkan dan dinikahkan secara dini oleh pihak keluarga.

Seusai kabur dari rumah, katanya, sang ibunda tinggal dan menetap di sekolah kesusteran selama dua tahun meski sang ibu berasal dari keluarga muslim. "Itu satu-satunya jalan untuk hidup mandiri," katanya.

Ia mengatakan selanjutnya sang ibu masuk ke Palang Merah Indonesia. Di sela-sela rasa terharunya, Susi yang juga merupakan pemilik Susi Air itu mengatakan dalam keterbatasan dan kehidupan yang jauh dari kebebasan, RA Kartini tetap menuliskan agar setiap diri perempuan berikhtiar dan berjuang.

Kartini, ujar Susi, meski berada di balik ketertutupan budaya tetap memikirkan tentang kebebasan untuk berpikir guna menciptakan kreasi dan imajinasi. "Kebebasan pemikiran adalah kebebasan yang hakiki yang setiap orang bisa mengamati," katanya.

Ia mengatakan perempuan telah diberikan oleh Tuhan beberapa keistimewaan untuk bisa dan mampu dengan kelebihannya membawa perubahan dan kemajuan untuk bangsa. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: