Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Asia-Afrika Punya Posisi Penting dalam Perekonomian Dunia

Warta Ekonomi -

We Online Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mendorong negara-negara di Asia dan Afrika memperkuat kerjasama investasi serta memaksimalkan potensi ekonomi yang dimiliki.

Hal tersebut disampaikannya  pada forum Asian Africa Business Summit (AABS) 2015, yang merupakan side event Konferensi Asia Afrika (KAA) yang diselenggarakan oleh Kadin Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (21/4/2015).

Ia lalu merujuk kepada data World Investment Report 2014 yang diumumkan oleh United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD), bahwa arus investasi global tahun 2014 menurun 8% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun demikian, negara-negara ekonomi berkembang, termasuk Asia dan Afrika, memperoleh pencapaian Foreign Direct Investment (FDI) lebih dari US$ 700 miliar, 56% dari total arus investasi global.

Laporan lain dari Financial Times juga menunjukkan dalam lima tahun terakhir, sebanyak tiga dari empat  global FDI mengalir ke negara-negara Asia Afrika. Hal ini menunjukkan bahwa posisi negara-negara Asia Afrika  sangat diperhitungkan dalam perekonomian dunia.

"Berdasarkan data Financial Times, total investasi langsung antar negara Asia-Afrika pada periode 2010-2014 hanya mencapai 35% dari total arus investasi global, padahal dengan potensi besar yang dimiliki, seharusnya negara-negara Asia-Afrika dapat saling mengeksplorasi peluang yang ada dan menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan. Untuk itu, marilah kita manfaatkan momentum yang baik ini untuk memperkuat kerjasama ekonomi di bidang investasi antara negara Asia-Afrika," Ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: