Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Agus Hermanto Nilai Kebijakan Pertalite Harus Dikaji Kembali

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat akan meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) varian baru bernama Pertalite. Varian itu memiliki kandungan oktan 90 (RON90). Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mendesak pemerintah untuk menunda kebijakan tersebut karena dinilai akan membebani masyarakat. "Ini mengagetkan kita, kebijakan ini harus dipikirkan kembali," ujar Agus kepada Warta Ekonomi, Selasa (21/5/2015).

Agus menambahkan pemerintah mempunyai kewajiban untuk memberikan subsidi BBM. Kondisi saat ini, lanjutnya, belum memungkinkan bagi rakyat untuk menerima kebijakan BBM alternatif tersebut, pasalnya, harga yang ditetapkan akan jauh lebih mahal. "Sehingga proses subsidi adalah harus dilaksanakan," pungkasnya.

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu menambahkan masalah kesiapan kilang minyak yang dimiliki oleh Pertamina saat ini juga dipertanyakan. Menurutnya, jangan sampai karena mengebut penyediaan kilang Pertalite, pemerintah kemudian memaksakan keadaan dan berujung pada impor.

"Karna kilang kita belum memproduksi ron yang tinggi, masih ron 88 ini akan terjadi masalah di suplai nya, atau jangan-jangan itu jadi pembenar untuk impor sebanyak-banyak nya itu melukai rakyat. Saya nilai baik dari segi kesiapan dan harga yang ditanggung masyarakat, akan menjadi beban. Sekarang dolarnya naik, ekonomi sulit, menteri-menterinya lebih seneng cari popularitas, seneng blusukan, ekonomi kita turun, ini merupakan kritisi semuanya," pungkasnya.

PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan kandungan oktan 90, Pertalite. Varian BBM yang kini tengah dalam masa pengujian itu diharapkan bisa memberikan alternatif pilihan BBM dengan kualitas lebih baik kepada masyarakat, namun dengan harga yang masih medium.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: