Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Polri: Yosep Sairlela Saksi Kunci Benjina

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Pos Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Benjina, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Yosep Sairlela yang tewas pada Sabtu (18/4/2015) malam, merupakan saksi kunci kasus Benjina.

"Dia salah satu saksi kunci ilegal fishing. Dia tahu soal Benjina," kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Budi Waseso di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Kasus kematian Yosep, kata Waseso, bakal diusut oleh Bareskrim. Pihaknya masih menunggu hasil otopsi jenazah Yosep. "Masih menunggu hasil otopsi. Tidak bisa menduga-duga (penyebab kematian)," katanya.

Meski Yosep telah meninggal, kematian Yosep tidak akan mengganggu proses penyelidikan kasus Benjina. "Saksinya nggak cuma satu," kata Waseso.

Yosep Sairlela diketahui berangkat ke Jakarta pada Kamis (16/4/2015) dalam rangka tugas dan meninggal dunia pada Sabtu (18/4/2015) malam.

Pihak keluarga menduga kematian Yosep tidak wajar karena pada tubuh almarhum terdapat luka-luka, antara lain, di bagian bawah mata kanan dan telinga kanan serta lebam pada kaki diduga akibat hantaman benda tumpul.

Kedatangan Yosep ke Jakarta saat itu terkait dengan masalah dugaan perbudakan ABK asing yang bekerja untuk perusahaan penangkapan dan pengalengan ikan Pusaka Benjina Resources (PBR) di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Dugaan praktik perbudakan di Benjina pertama kali diungkap wartawan Associated Press (AP) dalam laporan bertajuk "Was Your Seafood Caught By Slaves", yang memperlihatkan adanya penjara dan kuburan di Pulau Benjina. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: