Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag: Kopi Indonesia Menyerbu Amerika

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Sukses di ajang pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Seattle, Amerika Serikat (AS), Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago kembali menyerbu warga AS di Chicago melalui promosi kopi Indonesia.

Mengambil tema "Exploring the Taste of Indonesian Coffee" ITPC Chicago berkolaborasi dengan salah satu roaster di Chicago, The Coffee and Tea Exchange, melakukan coffee cupping dan pemutaran film "Aroma of Heaven" di kantor ITPC Chicago sepekan silam.

"Film Aroma of Heaven karya sineas muda Budi Kurniawan banyak mendapat respon positif," kata Kepala ITPC Chicago Wijayanto.

Publik Amerika berpendapat bahwa film dokumenter mengenai kopi Indonesia memberikan perspektif baru mengenai kopi. Bahkan Direktur Pengembangan Pasar dari Wisconsin Economic Development Board menawarkan agar film tersebut dapat diputar pada Milwaukee Film Festival.

Acara yang dibuka Konsul Jenderal Republik Indonesia Chicago Adriana Supandy ini dihadiri puluhan orang. Para roaster, pemilik coffee shop, pemerintah, asosiasi bisnis, akademisi, serta pencinta kopi dari Chicago dan sekitarnya tumplek blek mengikuti acara ini.

Adriana menekankan pentingnya kopi bagi perdagangan Indonesia-AS. Menurutnya, strategi promosi yang dilakukan Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Perdagangan, ke depan adalah meningkatkan kepedulian dari stakeholders kopi di AS terhadap produk-produk Indonesia yang sesuai dengan kaidah lingkungan, sosial, dan ekonomi (sustainable trade). "Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness dan pangsa pasar kopi di AS," tegas Adriana.

Sutradara film Aroma of Heaven, Budi Kurniawan, yang hadir dalam acara itu mengaku bangga filmya dapat menjadi sarana peningkatan perdagangan kopi di AS. "Semoga ekspor kopi Indonesia ke Amerika dapat terus meningkat," ujarnya.

Selain pemutaran film, dilakukan juga kegiatan coffee cupping kopi spesial Indonesia, yaitu kopi Arabica Blue Java, Arabica Sumatera Mandheling, dan Arabica Bali Kintamani. Kegiatan ini dipimpin pemilik The Coffee and Tea Exchange, Steve Siefer, dan diikuti beberapa roaster dan pemilik coffee shop lokal di Chicago, antara lain Ipsento dan Kopi A Traveler’s Cafe.

Impor Kopi AS Naik

Impor kopi AS dari Indonesia pada 2014 tercatat sebesar USD 323 juta atau meningkat sebesar 11,29% dari tahun sebelumnya. Dari seluruh negara bagian di Midwest, impor kopi Indonesia terbesar dilakukan oleh negara bagian Minnesota, yaitu sebesar USD 1,67 juta. Nilai impor tersebut meningkat sebesar 196,33% dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar USD 562 ribu.

Di antara negara bagian di Midwest, peningkatan impor kopi dari Indonesia paling tinggi dilakukan oleh Michigan pada 2014, yang nilai impornya meningkat sebesar 727,02% dibandingkan tahun 2013. Pada 2013, Michigan mengimpor kopi dari Indonesia sebanyak USD 6.594 dan pada 2014 meningkat hingga mencapai USD 54.534.

Wijayanto mengaku optimis ekspor kopi Indonesia akan terus meroket seiring gencarnya promosi di AS. "Acara Exploring the Taste of Indonesian Coffee ini merupakan salah satu cara promosi kopi Indonesia yang efektif dan langsung membidik sektor bisnis kopi di wilayah Midwest, khususnya Chicago," tutur Wijayanto.

Ia merekomendasikan agar dilakukan kegiatan promosi serupa melalui media visual untuk produk-produk dari sektor lainnya mengingat antusiasme yang cukup besar, khususnya pada saat movie screening.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: