Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Perkuat Komunikasi untuk Bangun Kepercayaan Investasi di Asia-Afrika

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Indonesia diharapkan dapat memperkuat komunikasi terkait ekspansi bisnis dengan negara-negara di kawasan Asia-Afrika untuk bersama-sama memperluas kerja sama ekonomi di kawasan itu, kata Wakil Direktur Utama PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Istini T Siddharta.

"Indonesia harus memperkuat komunikasi, membangun kepercayaan untuk investasi bisnis di negara-negara di Asia dan Afrika," katanya di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Istini Siddharta mengatakan komunikasi perlu diperkuat demi meyakinkan para negara-negara di kawasan Asia-Afrika untuk melakukan kerja sama perdagangan dan ekonomi lainnya dengan saling menguntungkan atau win-win solution. Menurut dia, Indonesia harus semakin memperluas jaringan internasional untuk ekspansi bisnis karena banyak negara yang menjadi pasar potensial di kawasan Asia-Afrika.

"Kawasan Asia dan Afrika itu luas sekali, pangsa pasarnya banyak, hanya Indonesia perlu membina hubungan bidang ekonomi dengan negara-negara lainnya di Asia dan Afrika atau memperkuat hubungan perdagangan yang sudah ada," ujarnya.

Istini menambahkan pihaknya akan melihat lebih lanjut kesepakatan antarnegara di kawasan Asia-Afrika terkait kerja sama ekonomi melalui Konferensi Asia-Afrika ke-60 yang dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April. "Kita tunggu hasil dari Konferensi Asia-Afrika ini," katanya.

Ia berharap KAA dapat memberikan dampak positif bagi atmosfer perdagangan antarnegara di kawasan Asia-Afrika yang tentunya juga menguntungkan bagi Indonesia demi kemajuan dan kesejahteraan bersama. PT Austindo Nusantara Jaya Tbk merupakan perusahaan perkebunan, pabrik kelapa sawit dan pengolahan sagu.

Ada pun rangkaian acara Peringatan ke-60 Tahun KAA antara lain, pada 19 April diadakan Pertemuan pejabat tingkat tinggi (Senior Official Meeting) kawasan Asia-Afrika. Kemudian, dilanjutkan dengan Pertemuan Tingkat Menteri pada 20 April.

Pada 21-22 April, diselenggarakan Pertemuan Puncak Bisnis Kawasan Asia-Afrika (Asia-Africa Business Summit). Selanjutnya pada 22 April digelar pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) hari pertama. Pada 23 April pelaksanaan KTT hari kedua, dan direncanakan akan ada jamuan makan malam oleh Presiden Joko Widodo untuk para kepala negara dan kepala pemerintahan.

Pada 24 April, hari terakhir rangkaian pelaksanaan KAA, akan dilakukan napak tilas (Historical Walk) KAA oleh para kepala negara di Bandung. Sebanyak 32 kepala negara atau kepala pemerintahan dan 86 utusan negara akan menghadiri KAA 2015. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: