Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov Gorontalo Akan Bangun 600 Rumah Murah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan membangun 600 unit rumah murah, sebagai langkah awal Program Sejuta Rumah, yang nanti dicanangkan Presiden Joko Widodo 7 Mei 2015.

"400 unit untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan rendah I dan II serta para sopir, dan 200 unit lagi untuk swasta dan masyarakat kurang mampu," Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat (24/4/2015).

Menurutnya, lahan untuk pembangunan sudah siap di Pohuwato dan telah mengundang Menteri Pekerjaan Umum (PU) bisa hadir untuk peletakan batu pertama. Rusli mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Dirjen Perumahan Rakyat di Jakarta, untuk membahas hal tersebut.

Ia menjelaskan, pemerintah pusat yang akan menggelontorkan anggaran, namun tetap bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penyediaan lahan. Menurutnya, rumah yang akan dibangun hanya membutuhkan uang muka 1 Juta Rupiah, dengan cicilan yang sangat rendah.

"Total alokasi rumah untuk Gorontalo saya belum bisa pastikan. Saya ditantang oleh pak Dirjen mau minta berapa. Saya katakan sebanyak-banyaknya, tapi tentu harus melalui kajian, usulan program dan terutama ketersediaan lahan," imbuhnya.

Gubernur juga mengusulkan konsep pembangunan dan penataan kampung nelayan. Tiga kabupaten sebagai percontohan yakni Kabupaten Gorontalo Utara, Pohuwato dan Bone Bolango. Perumahan bagi nelayan diharapkan dapat menata pemukiman nelayan kumuh menjadi lebih sehat dengan fasilitas jalan, listrik dan air bersih.

"Termasuk juga untuk danau Limboto. Kita nanti bikin dan usulkan konsep penataan pemukiman di sana khususnya bagi para nelayan. Anggarannya nanti akan disiapkan oleh pemerintah pusat," tukasnya.

Dari dana APBD Provinsi sendiri sejak tahun 2012 pemprov menggulirkan program rumah layak huni bagi masyarakat miskin. Meski rumah yang diberikan secara Cuma-cuma ini setiap tahun dianggarkan sebanyak 1.000 unit, namun belum bisa memenuhi kebutuhan rumah layak bagi lebih dari 54.000 Kepala Keluarga miskin di Gorontalo. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: