Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ingin Capai Target 5 Juta Investor Reksa Dana, Ini Tantangannya

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) telah menargetkan investor reksa dana akan mencapai lima juta investor dan total aset reksa dana sebesar Rp 1.000 triliun pada 2017. Adapun, saat ini total nasabah reksa dana baru mencapai 250 ribu investor dan total aset yang tercatat sekitar Rp 400 triliun.

Ketua APRDI Denny R Thaher mengungkapkan ada beberapa tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai lima juta investor dan Rp 1.000 triliun aset reksa dana pada 2017.

"Tantangan ke depan adalah sosialisasi apalagi saat ini investor reksa dana baru 250 ribu," ujarnya saat pembukaan Pekan Reksa Dana Nasional 2015 yang bertemakan Reksa Dana: Investasi Masa Depan, Mudah, dan Terjangkau di Gedung BI, Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Oleh sebab itu, guna mencapai target tersebut pihaknya bersama OJK akan melakukan sosialisasi dengan mendatangi kantor-kantor. Selain itu, menurut Denny, tantangan lainnya ialah pelaku usaha dan OJK juga harus melakukan edukasi secara masif. Apalagi, saat ini tingkat literasi keuangan Indonesia masih sangat rendah, yakni sekitar 21 persen masyarakat yang melek keuangan.

"Saya kira tantangan yang paling besar adalah edukasi karena harus dilakukan secara masif terstruktur dan reguler," ucap dia.

Meski begitu, APRDI optimis target nasabah hingga lima juta di tahun 2017 dapat tercapai. Menurut Denny, sebagai investasi jangka panjang maka reksa dana terbukti mampu dan tahan banting terhadap berbagai gejolak ekonomi. Oleh karena itu, dengan berbagai keunggulan dan daya tariknya maka dalam tiga tahun ke depan industri reksa dana akan semakin booming.

"Reksa dana adalah investasi jangka panjang yang sangat stabil. Kami percaya melalui edukasi, sosialisasi dan dukungan regulator, reksa dana akan menjadi produk yang populer karena menguntungkan dan aman. Pengalaman sudah membuktikan hal itu dan fakta ini yang akan terus kami sampaikan kepada masyarakat untuk menggemari reksa dana," tandas Denny.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: