Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KAA, Pengamat: Kedekatan Pemimpin Negara dengan Rakyat Tunjukkan Kepercayaan

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Kalangan pengamat menilai aksi spontan pejabat negara yang turun dari mobil untuk bersalaman dengan masyarakat saat pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, merupakan wujud saling percaya rakyat dengan pemimpin.

"Kedekatan pimpinan negara dengan rakyatnya menunjukkan kepercayaan antara pejabat dan rakyat," kata Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Sangga Buana Bandung Roni Tabroni di Bandung, Jumat (24/4/2015).

Pejabat negara yang melakukan aksi turun dari mobil saat pengamanan rombongan kendaraan di jalan raya itu dilakukan Presiden Joko Widodo di Jalan Padjadjaran dan Merdeka setibanya di Bandung untuk menghadiri KAA, Kamis (23/4/2015) malam.

Dalam waktu dan tempat berbeda, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan saat rangkaian pengamanan kendaraan delegasi KAA juga turun dari mobil untuk bersalaman dengan siswa Sekolah Dasar yang sedang menyambut kedatangan pemimpin negara di Jalan Naripan.

Menurut Roni, aksi pejabat negara itu merupakan komunikasi yang baik dalam menandakan sudah tidak ada lagi batasan masyarakat dengan pejabat. "Karenanya pembatasan jarak saat ini sudah tidak relevan lagi tanpa merendahkan makna pengamanan pejabat negara," kata Roni.

Terkait KAA yang mampu menghadirkan sejumlah negara di dunia, menurut dia, merupakan bentuk kepercayaan negara asing kepada Indonesia sebagai penyelenggara KAA. "Dunia mengapresiasi terhadap keberhasilan KAA tahun 1955 yang memerdekakan seluruh negara di Asia dan Afrika," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: