Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang MEA, Pemerintah Diminta Proaktif Siapkan SDM

Warta Ekonomi -

WE Online, Banda Aceh - Anggota Komisi VI DPR Aceh Zaenal Abidin meminta pemerintah provinsi itu proaktif mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi Asean atau MEA 2015.

"Berlakunya masyarakat ekonomi Asean akan berdampak terhadap ketersediaan tenga kerja yang terampil bahasa asing dan berskala internasional," katanya di Banda Aceh, Jumat (24/4/2015).

Ia menjelaskan dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi Asean, Pemerintah Aceh melalui instansi terkait seharusnya sudah melakukan persiapan matang terhadap keterampilan sumber daya manusia yang siap bersaing dalam bursa tenaga kerja.

"Persiapan keterampilan dan kemampuan menguasai bahasa asing akan mampu bersaing pada bursa tenaga kerja yang tersedia di dalam dan luar negeri," katanya.

Ia mengatakan dalam masyarakat ekonomi Asean tersebut, selain tenaga kerja asing akan masuk ke Indonesia, tenaga kerja Indonesia juga akan diberikan kemudahan untuk mencari kerja di negara-negara peserta MEA.

"Pemerintah melalui dinas terkait harus mempersiapkan kemampuan berbahasa asing bagi tenaga kerja Aceh, khususnya bahasa Inggris, bahasa China," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Zaenal mengatakan jika tidak dilakukan persiapan yang matang maka dikhawatirkan pelaksanaan MEA justru akan menjadi beban baru bagi pemerintah Aceh dalam hal mengurangi angka pengangguran dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Angka penganguran Aceh masih di atas rata-rata nasional, jika tidak dilakukan persiapan yang matang terhadap SDM maka jumlah pengangguran akan terus bertambah," demikian Zaenal. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: