Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bandara Ngurah Rai Masuk Bandara Terbaik Dunia

Warta Ekonomi -

WE Online Bali  - Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, berhasil masuk di jajaran bandara terbaik di dunia berdasarkan hasil survei Airport Council International (ACI).

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Herry A.Y Sikado di Denpasar, Sabtu, menjelaskan bahwa bandara kebanggaan masyarakat Bali itu menduduki posisi ke tujuh di dunia yang dinilai berdasarkan kualitas dan pelayanan bandara (ASQ) pada periode Oktober-Desember 2014.

"Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada pada posisi ketujuh dunia di kategori 15-25 juta penumpang per tahun," katanya.

Menurut dia, salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu berada di atas peringkat Bandara Kansai di Osaka, Jepang, Bandara San Diego California di Amerika Serikat, Bandara Zurich di Swis, Bandara Brisbane Queensland di Australia dan Bandara Manchester di Inggris.

Sedangkan bandara yang berada di peringkat pertama dalam survei ASQ ini adalah Bandara Wuhan Tianhe, Tiongkok.

Dia menjelaskan bahwa penilaian tingkat kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh ACI menjadi acuan bagi bandara itu dalam meningkatkan pelayanannya.

"Ini tentu menjadi nilai tambah sekaligus penyemangat bagi kami seiring dengan cita-cita dan mimpi kami menjadi satu dari sepuluh bandara terbaik di Asia, Bandara I Gusti Ngurah Rai harus dapat terus memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasanya," imbuhnya.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan satu-satunya program penilaian global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara, yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dan berbasis di Montreal, Kanada.

Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini, lanjut dia, antara lain fasilitas pelayanan penumpang dan fasilitas penunjang bandara seperti ketersediaan bank, anjungan tunai mandiri dan penukaran mata uang asing, fasilitas belanja, tempat makan, sarana hiburan di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf bandara.

Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian terhadap kepuasan penumpang di lebih dari 250 bandara di dunia.

Adapun metodologi ilmiah yang dilakukan melalu prosedur kualitas yang ketat, termasuk mengukur kepuasan penumpang di bandara dengan mewawancarai sekitar 550 ribu penumpang di bandara, dan meminta mereka untuk menilai tingkat kepuasan atas layanan bandara.(Ant) 

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: