Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Taspen Catat Laba Triwulan I-2015 Sebesar Rp561 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Perseroan Terbatas Taspen selama triwulan pertama 2015 membukukan laba sekitar Rp561 miliar, kata Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro di Jakarta, Minggu (26/4/2015).

Di sela acara HUT Ke-52 Taspen, Iqbal Latanro menjelaskan sampai dengan Maret 2015 laba Taspen sudah mencapai Rp561 miliar, atau lebih 60 persen dari target yang ditetapkan perseroan sepanjang 2015. Menurut Iqbal, laba tersebut terutama berasal dari hasil investasi perseroan yang sebagian besar dalam bentuk deposito dan Surat Utang Negara (SUN).

Kini, lanjut dia, perseroan mulai mengalokasikan porsi portofolio investasi ke instrumen yang memberikan hasil (yield) lebih tinggi sebab tingkat bunga saat ini sedang turun. "Kami mulai menggeser porsi portofolio investasinya ke instrumen yang memberikan imbal hasil yang lebih tinggi. Langkah itu sejalan dengan menurunnya tingkat bunga," ujarnya.

Menurut catatan, rata-rata penurunan tingkat suku bunga deposito berkisar 200--300 basis poin sehingga memungkinkan dana investasi juga dialihkan ke bentuk reksadana sebagai alternatif alokasi. "Kami harus mencari tingkat bunga atau yield yang lebih tinggi," ujar Iqbal.

Senada dengan itu, Direktur Keuangan Taspen Tri Lestri mengatakan bahwa perseroan kemungkinan akan berubah komposisi investasi dengan memperbanyak investasi langsung (infrastruktur, properti, saham) hingga 30 persen.

Selain itu, perusahaan akan fokus pada kualitas pelayanan. Taspen sendiri sudah meraih sertifikasi sistem manajemen mutu untuk proses bisnis inti sesuai dengan standar internasional, ISO 9001 : 2008 menyangkut Pelayanan Klaim Maksimal Satu Jam dengan dukungan data yang akurat.

Sertifikasi ISO 9001 : 2008, kata dia, menunjukkan kemampuan Taspen secara konsisten memberikan pelayanan yang memenuhi kebutuhan peserta, pengguna sistem manajemen mutu, serta memenuhi peraturan perundangan yang berlaku.

"Kami jamin layanan klaim bisa satu jam. Akan tetapi, akan terus kami tingkatkan lebih cepat. Jika bisa, dalam setengah jam sudah beres," ujar Tri.

Taspen selalu mempunyai komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada peserta yang berjumlah 6,9 juta orang yang terdiri atas 4,5 juta orang peserta aktif dan 2,4 juta orang pensiun. Menurut catatan, sepanjang 2014 perseroan berhasil membukukan laba Rp Rp3,46 triliun naik sebesar Rp2,14 triliun atau 161,57 persen dari laba pada tahun 2013 yang sebesar Rp1,32 triliun. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: