Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wapres: Menjaga Lingkungan Butuh Kerja Sama dari Seluruh Dunia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan usaha menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab semua negara, baik negara berkembang maupun maju.

"Menjaga lingkungan ini butuh kerja sama, bukan hanya tanggung jawab Indonesia dan negara berkembang lainnya, tapi seluruh dunia," katanya di Jakarta, Senin (27/4/2015).

Hal itu dikatakan Wapres Kalla saat membuka acara "Tropical Landscape Summit: A Global Investment Opportunity" yang digelar Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Acara tersebut dihadiri mantan Presiden Meksiko Felipe Calderon, Wakil Sekjen PBB dan Associate Administrator UNDP Gina Casar, serta sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja.

Dia mengatakan banyak kebijakan yang sudah dilakukan Indonesia untuk menerapkan efisiensi dan mengurangi dampak kerusakan serta yang ramah lingkungan. Misalnya, katanya, dari segi tambang, Indonesia tidak lagi mengekspor mineral mentah tapi mengharuskan adanya "smelter" untuk memproses bahan mentah tersebut.

"Ada banyak hal yang kita lakukan dan untuk melaksanakan apa yang kita sepakati. Mari lakukan bersama jangan menyalahkan Indonesia dan negara-negara tropis, tapi masih menggunakan 'furniture' murah dari kami seharusnya negara maju membayar lebih," katanya.

Ia mengemukakan tentang upaya saling bekerja sama antara negara maju dan berkembang terkait dengan pelestarian lingkungan. "Untuk itu, negara maju jangan hanya meminta untuk melindungi lingkungan tapi juga menghormati negara berkembang dan saling bekerja sama," katanya.

Ia mengatakan Indonesia juga membuka peluang investasi yang ramah lingkungan, misalnya di bidang energi terbarukan. "Kami juga memberikan insentif kepada dunia usaha yang mau investasi yang ramah lingkungan memberikan harga yang lebih tinggi untuk membeli energi panas bumi, termasuk juga keringanan pajak," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: