Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rektor: Perguruan Tinggi Punya Peranan Ciptakan Wirausaha Muda

Warta Ekonomi -

WE Online, Tangerang - Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta Arissetyanto Nugroho mengatakan, jumlah wirausaha muda di Indonesia setiap tahunnya mengalami pertumbuhan yang positif.

"Walaupun adanya pertumbuhan jumlah wirausaha muda, namun masih belum memenuhi target pemerintah yang dicanangkan Kementrian Koperasi dan UKM," kata dia ketika dihubungi, Senin.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, saat ini porsi wirausaha Indonesia baru mencapai angka 1,65 persen dari total penduduk Indonesia yaitu sekitar 270 juta jiwa. Sementara itu, pemerintah menargetkan pertumbuhan sebanyak dua persen wirausaha dari jumlah penduduk yang ada.

Pasalnya, jumlah wirausaha Indonesia ditingkat level ASEAN masih sangat minim dan tertinggal jauh dari Singapura yang pertumbuhannya mencapai tujuh persen, Malaysia lima persen, Thailand tiga persen dari total penduduk masing - masing negara.

Maka itu, perlu dilakukan terobosan melalui peran serta perguruan tinggi dalam menumbuhkan wirausaha muda. "Perguruan Tinggi memiliki peranan dalam menciptakan wirausaha muda baru," katanya.

Kepala Unit Kewirausahaan UMB, Wahyu Hari Haji, mengatakan, upaya yang dilakukannya yakni melalui unit Pusat Kewirausahaan dengan menargetkan tercipta 100 wirausaha muda setiap tahun.

Program-program kewirausahaan yang dilakukan yakni dengan perkuliahan Kewirausahaan satu hingga tiga Lalu, kerjasama dengan pihak ketiga terkait kuliah umum atau seminar yang memotivasi mahasiswa agar keinginan untuk berwirausaha bisa tumbuh. Selain itu akan ada workshop-workshop yang berkelanjutan, pendampingan untuk memulai dan menjalankan usahanya.

"Kita pun akan membantu dalam mendapatkan pemodalan dari program pemerintah, swasta maupun dari sektor perbankan," tegasnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: