Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kinerja Melempem, OJK Bakal Dorong Revitalisasi Modal Ventura

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Guna meningkatkan peran dan kapasitas perusahaan modal ventura (PMV), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai industri modal ventura perlu direvitalisasi.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan peran PMV dinilai penting dalam mendorong lahirnya para wirausaha baru yang memiliki kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

"Pentingnya upaya revitalisasi atas perusahaan modal ventura di Indonesia, terutama dalam mendorong perkembangan wirausaha, baik perusahaan start up atau UMKM, yang terutama berbasis inovasi dan teknologi baru," kata Muliaman saat ditemui dalam seminar nasional bertajuk Revitalisasi PMV di Jakarta, Senin (27/4/2015).

Menurut Muliaman, untuk mendorong peran dan kapasitas PMV diperlukan terobosan dan dukungan dari berbagai pihak. Misalnya, dari sisi kebijakan seperti insentif pajak dan pengelolaan equity program, peningkatan peran dari asosiasi perusahaan modal ventura dalam upaya pembentukan business angel network.

"Kemudian, penguatan sumber pendanaan dari perusahaan modal ventura dengan mengkaji kemungkinan pembentukan venture fund," ungkap dia.

Sekadar informasi, pada 2014, aset industri modal ventura tercatat tumbuh sebesar 9,10 persen dari Rp 8,24 triliun pada 2013, menjadi sebesar Rp 8,99 triliun. Namun demikian, market size industri modal ventura masih kecil dibandingkan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) lainnya, yakni 0,67 persen dari total seluruh aset IKNB sebesar Rp 1.351 triliun.

Sekitar 70% dari aset keuangan PMV di Indonesia merupakan aset dalam bentuk pembiayaan berdasarkan bagi hasil melalui pinjaman langsung, hanya kurang dari 20% yang merupakan aset dalam bentuk penyertaan (equity participation) kepada perusahaan pasangan usaha (PPU). Adapun sisanya sekitar 11% dalam bentuk penyertaan melalui pembelian obligasi konversi.

Baca Juga: Pemerintah Komitmen Lindungi dan Lestarikan Bahasa Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: