Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Andrinof Akui Adanya Kesenjangan Pembangunan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengakui pembangunan wilayah di Indonesia masih terdapat kesenjangan serta ketimpangan. Dia menyebut kesenjangan itu terjadi antara pedesaan dan perkotaan, antar Pulau Jawa dan luar Jawa, antara pusat pertumbuhan dengan kawasan hinterland serta kawasan Barat Indonesia dan Timur Indonesia.

Untuk mengatasi hal ini, Andrinof mengatakan arah kebijakan pembangunan harus diubah, lalu difokuskan untuk mempercepat pengurangan kesenjangan pembangunan antar wilayah.

"Akselerasi pembangunan wilayah bertumpu pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan efisiensi dan nilai tambah SDA, serta tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien," kata Andrinof di gedung Bappenas, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (27/4/2015).

Sementara ketika ditanya tentang langkah apa yang akan dilakukan oleh Bappenas dalam mengurangi kesenjangan ini, Andrinof berujar akan mendorong percepatan pembangunan pusat pertumbuhan ekonomi sebagai penggerak utama pertumbuhan. Selain itu, juga dilakukan penguatan konektifitas lokasi pedesaan dengan pembangunan infrastruktur pendukung kegiatan ekonomi di pedesaan yang dapat menghubungkan lokasi produksi usaha mikro kepada pusat ekonomi terdekat atau pusat pertumbuhan baru.

"Selain itu industrialisasi perlu dorong untuk mengolah bahan mentah agar dapat menciptakan kesempatan kerja," pungkasnya.

Andrinof menambahkan dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi akan dilakukan melalui peningkatan agroindustri, hasil perhutanan dan perikanan dengan sasaran pokok pada peningkatan nilai tambah dan daya saing industri pengolahan makanan dan minuman, produksi ekspor, dan komoditas prospektif melalui pengembangan agroindustri terutama di pedesaan.

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: