Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Taksi Express Berencana Naikkan Tarif

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Express Transindo Utama, Tbk (TAXI) emiten jasa transportasi ini pada semester satu 2015 ini berharap dapat menaikan tarif taksi. Kenaikan tarif tersebut imbas dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Direktur Keuangan Express Group, David Santoso, mengatakan bahwa dengan adanya kenaikan BBM mempengaruhi kinerja perusahaan. Hal itu yang mendorong perusahaan agar secepatnya menyesuaikan tarif guna mempertahankan pertumbuhan kinerja pada tahun 2015. "Kita sedang membicarakan diinternal perusahaan terkait kenaikan tarif jasa transportasi. Mungkin di semester pertama, kenaikan tarif tersebut dapat direalisasikan," kata David saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

David juga mengungkapkan, perusahaan pada kuartal pertama tahun 2015 ini pendapatan masih ada pertumbuhan. Meski, pertumbuhan yang dicapai perusahaan tidak sesuai target. "Tetap ada growth sih, tapi ga besar. Itu dipengaruhi oleh naiknya harga BBM," tegas David.

Lebih dalam David mengungkapkan, kenaikan tarif tersebut tidak semata-mata menguntungkan perusahaan saja. Hal itu juga demi menjaga supir taksi mendapatkan pendapatan yang pantas (kesejahteraan) di perusahaan. "Kalau naikin tarif tentu naikin setoran. Tapi, kenaikan tarif juga menaikkan pendapatan supir taksi juga," ucapnya.

Ia mengaku, ada yang bilang kalau alat transportasi umum (taksi) digunakan oleh masyarakat kalangan menengah kebawah. Namun, faktanya taksi lebih banyak digunakan oleh masyarakat dilakangan menengah keatas di Tanah Air.

"Banyak yang bilang, pengguna taksi sekarang kebanyakan masyarakat menengah kebawah, namun faktanya masih menengah ke bawah. Melihat hal itu, kenaikan taksi sepertinya tidak berpengaruh oleh masyarakat pengguna transportasi ini, karena yang pakai taksi juga orang yang mampu bayar," pungkasnya.

Ia menyampaikan, tarif buka pintu taksi Express sebesar Rp 7.500 masih relatif murah dan wajar. Rencananya, tarif buka taksi tersebut akan ditingkatkan. Namun, David belum menjelaskan secara gamblang berapa persen kenaikan tarif taksinya nanti.

"Kalau sekarang buka pintu taksi itu Rp 7.500, kalau kita naikin Rp 2.500 per buka taksi, kelihatannya masih wajar lah. Mungkin nanti, kita akan naikan segitu atau nantinya, setiap buka taksi Express itu jadi Rp 10.000," imbuhnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: