Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPJS Sulut Siapkan PUMP untuk Bantu Tenaga Kerja Dapat Rumah

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan pinjaman uang muka perumahan (PUMP) sebesar Rp1,2 miliar di tahun 2015.

"Program PUMP ini untuk membantu tenaga kerja mendapatkan rumah," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulut, Sulhan Ibrahim, di Manado, Senin.

Sulhan mengatakan tahun ini hingga triwulan pertama sudah ada 100 tenaga kerja yang kami rekomendasi untuk mendapatkan program PUMP, namun proses selanjutnya akan kami serahkan langsung ke pihak perbankan. "Bank yang akang melihat apakah tenaga kerja tersebut layak mendapatkan kredit perumahan atau tidak," jelasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Publik BPJS Ketenagakerjaan Sulut, Harry Agung mengatakan BPJS Ketenagakerjaan akan terus memberikan kesempatan kepada pekerja peserta untuk mendapatkan kemudahan memperoleh rumah dengan program PUMP.

Persyaratan PUMP, katanya, pekerja telah bekerja pada perusahaan yang terdaftar sebagai peserta Jamsostek minimal satu tahun, tertib administrasi dan iuran. Sementara bagi pekerja, selain persyaratan kepesertaan, melengkapi fotocopy kartu Jamsostek, memasukkan fotokopi KTP, kartu keluarga, surah nikah, slip gaji serta surat keterangan aktif bekerja dari perusahaan.

Proses permohonan PUMP, katanya, terlebih dahulu pengembang menawarkan rumah kepada pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya Jamsostek atau bisa juga perusahaan bersama pekerja bersangkutan mencari lokasi perumahan yang ada pengembang.

"Apabila perusahaan dan tenaga kerja telah sepakat atas penawaran rumah oleh pengembang maka perusahaan membuat surat permohonan PUMP kepada BPJS Ketenagakerjaan baik secara individu maupun kolektif," katanya.

Setelah permohonan diterima, akan melakukan verifikasi data dan bila sudah lengkap persyaratannya akan diterbitkan surat rekomendasi yang akan menjadi dasar pihak bank memproses pencarian PUMP. Besarnya PUMP yang akan diberikan kepada pekerja maksimal Rp50 juta dengan tingkat suku bunga pengembalian sebesar lima persen efektif dengan jangka waktu 10 tahun. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: