Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin Minta Modal Ventura Kucurkan Pembiayaan ke UMKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P Roeslani menyatakan keberadaan wirausaha adalah sangat penting karena selain untuk mengembangkan perekonomian juga untuk memajukan masyarakat melalui inovasi-inovasi mereka.

"Disayangkan wirausaha semacam ini sulit berkembang karena keterbatasan modal," ungkap Rosan di Jakarta, Senin (27/4/2015).

Menurut Rosan, penyaluran modal saat ini masih didominasi oleh perbankan yang pola pembiayaannya harus prudent dan cenderung melihat aspek jaminan dan melihat riwayat ke belakang. Akibatnya, lanjutnya, perbankan akan cenderung membiayai usaha-usaha yang sudah berjalan lancar, sedangkan wirausaha-wirausaha baru dengan ide-ide bisnis dan inovasi baru sulit untuk mendapat akses permodalan karena masih sebatas potensial dan belum feasible apalagi bankable.

"Keberadaan perusahaan modal ventura (PMV) sangat strategis karena akan memberi alternatif sumber pembiayaan untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan modal, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan bagi hasil usaha," ungkap Rosan.

Mengingat pertumbuhan perusahaan modal ventura yang relatif masih rendah serta pertumbuhan aset permodalan yang masih relatif rendah juga maka peran organisasi dunia usaha sangat diperlukan untuk menjembatani antara pemerintah-investor-wirausaha.

Menurut Rosan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat jika keberadaan wirausaha yang saat ini belum bankable dapat ditingkatkan kapasitas usahanya menjadi bankable melalui sumber pembiayaan modal ventura.

Rosan juga mengatakan bahwa sebagai wujud nyata dari komitmen itu maka Kadin Indonesia membentuk lembaga kemitraan pembiayaan "Palapa Nusantara Berdikari" yang telah dan akan melakukan akselarasi penyaluran kemitraan modal kerja dan investasi kepada usaha kecil menengah (UKM) yang belum bankable di daerah-daerah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: https://wartaekonomi.co.id/author/angga
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: