Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IHSG Terkoreksi Akibat Ekspektasi Melemahnya Laba

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pada hari ini, Senin (27/4/2015), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi sebanyak 190 poin atau sebesar 3,5% ke level 5,245 yang merupakan penurunan terbesar dalam 1,5 tahun terakhir. Indeks LQ45 turun lebih dalam sekitar 4,2% ke level 911.

Indeks terkoreksi ditengah ekspektasi melemahnya laba perusahaan. Investor asing mencatatkan aksi jual bersih senilai Rp 2,2 triliun pada hari ini. Saham-saham di sektor perkebunan terkoreksi rata-rata 6% menyusul berita tentang Astra Agro Lestari (AALI) membukukan penurunan laba sebesar 80% YoY. Sedangkan saham perbankan turun rata-rata 5% menyusul berita tentang naiknya kredit macet/non-performing loan (NPL) pada laporan keuangan Bank Mandiri (BMRI) dan Bank BNI (BBNI) untuk periode kuartal satu di tahun 2015.

Sementara itu, indeks obligasi dan pergerakan mata uang cenderung juga turut melemah. Imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun naik 14 bps ke 7,69% dan Rupiah melemah 0,47% ke level 12.983.

Disisi lain, bursa saham Hongkong dan Shanghai justru kembali naik sekitar 1,33% dan 3,04% dan membukukan rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Pasar masih menantikan keputusan Fed meeting di akhir April ini serta perkembangan atas krisis hutang Yunani.

Kami melihat koreksi yang terjadi adalah aksi jual karena panik. Perlu diingat bahwa beberapa indikator perekonomian Indonesia seperti inflasi dan neraca perdagangan dalam beberapa bulan terakhir ini berhasil bertahan di posisi yang cukup stabil. Inflasi di bulan Maret mencatatkan inflasi sebesar sebesar 0,17% MoM (konsensus: inflasi 0,22%) atau 6,38% YoY (konsensus: 6,39%), dan neraca perdagangan mencatatkan surplus USD 1132 miliar (konsensus: surplus USD 589 miliar).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: