Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Forum Pekerja Media Ajak Wartawan Demo saat 'Mayday'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Forum Pekerja Media (FPM) menilai geliat konglomerasi media semakin terasa dalam satu dekade terakhir. Berdasarkan catatan FPM ada 13 pemilik dari 13 grup media yang menanungi ribuan media di Indonesia. Kendati demikian, perkembangan bisnis media di Indonesia tidak dibarengi dengan kesejahteraaan para pekerjanya.

"Ditambah lagi praktek konvergensi media yang mengarah pada perbudakan gaya baru, demi efisiensi bisnis, kian menyengsarakan pekerja media. Terlebih, peran lembaga media sebagai salah satu pilar demokrasi (selain lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif) mulai kehilangan independensinya, tergerus dengan kepentingan kapital dan politik praktis para pemiliknya," kata juru bicara FPM Chandra dalam siaran persnya, Senin (27/4/2015).

"Untuk menjawab persoalan itu, serikat pekerja dari berbagai media seperti Tempo, Kompas, TPI (MNCTV), KBN Antara, SCTV, ANTV, SWA, dll sepakat menggalang kekuatan dalam satu wadah bernama Forum Pekerja Media Indonesia," imbuhnya.

Chandra menambahkan kekuatan dan kekompakan para pekerja media mutlak dibutuhkan sebagai upaya perlawanan. Keberanian dan kesadaran pekerja media juga harus dibangkitkan. Dia menyerukan agar serikat-serikat pekerja media harus ada di setiap perusahaan media.

"Serikat-serikat pekerja harus kompak bersatu sebagai basis perlawanan riil!," serunya.

Forum Pekerja Media Indonesiaa berharap agar momen May Day 2015 kali ini mampu menjadi tonggak kebangkitan para pekerja media untuk memperjuangkan nasib dan kesejahteraannya.

Untuk itu, Forum Pekerja Media Indonesia merumuskan pernyataan sikap: 

1. Lawan perbudakan di sektor media
2. Wujudkan upah layak pekerja media
3. Tetapkan upah sektoral media
4. Tolak praktek konvergensi yang menyengsarakan pekerja media
5. Tolak konglomerasi media yang memasung kebebasan pers
6. Mengajak kepada seluruh pekerja media untuk menyatukan kekuatan, meneguhkan sikap guna membangun gerakan pekerja media yang kuat dan konsisten untuk memperjuangkan kesejahteraan pekerja media di Indonesia.

Rencananya pada perayaan hari buruh 1 Mei mendatang. Forum Serikat Pekerja Media Indonesia akan menggelar long march dari Bundarn HI hingga Istana Negara, bersama ribuan elemen buruh lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: