Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Romy Desak KPU Berani Ambil Keputusan

Warta Ekonomi -

WE Online, Gorontalo - Ketua Umum DPP PPP hasil Muktamar Surabaya M Romahurmuziy (Romi) mengatakan Komisi Pemilihan Umum harus berani mengambil keputusan terkait pihak yang sah mengusung calon kepala daerah dari partai yang mengalami dualisme kepengurusan.

"Jangan bangun rumah di tepi laut kalau takut gelombang. Jangan jadi komisioner kalau tidak berani ambil keputusan," kata Romi saat menyampaikan pidato politik dalam pembukaan Musyawarah Wilayah IV PPP Gorontalo di salah satu hotel di Kota Gorontalo, Senin (27/4/2015).

Hadir dalam acara pembukaan itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Tri Maryanto, Ketua Majelis Pertimbangan PPP Suharso Monoarfa, Bendara Umum PPP Nurhayati, Ketua DPP PPP Rudiman, enam Ketua DPD PPP se-Gorontalo, dan simpatisan partai itu. Kalau nanti ada yang puas atau tidak puas atas keputusan KPU, lanjut Romi, maka hal itu adalah wajar dan merupakan risiko dari sebuah keputusan.

"Yang jelas, KPU harus bersikap independen di dalam mengambil keputusan tersebut," katanya.

Rekomendasi yang diberikan Komisi II DPR kepada KPU bukanlah sebuah keputusan yang mengikat karena dihasilkan dari forum konsultasi.

Terlebih, kata Romi, poin rekomendasi itu ada yang bertentangan dengan undang-undang, yakni agar KPU menjadikan keputusan pengadilan terakhir, meskipun belum berkekuatan hukum tetap (inkracht), untuk menentukan pihak yang berhak mengusung calon kepala daerah.

Dalam kesempatan itu Romi juga meyakinkan pendukungnya bahwa kepengurusan DPP PPP hasil muktamar Surabaya yang berhak mengusung calon kepala daerah karena sudah mendapat pengesahan dari Menkumham Yasonna Laoly.

"Selama belum ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang membatalkan SK itu, maka tetap berlaku," katanya.

Sebelum membuka Muswil PPP Gorontalo, Romi terlebih dulu membuka Muswil PPP Sulawesi Utara di Manado. Pada Selasa (28/4/2015), Romi dijadwalkan membuka Muswil PPP Maluku Utara di Ternate dan Muswil PPP Sulawesi Tenggara di Kendari. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: