Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR Harap Bandara Ahmad Yani Bisa Berprestasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berharap Bandara Ahmad Yani bisa berpestasi seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang bisa masuk 10 besar bandara terbaik di dunia.

"Masuknya Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi salah satu dari 10 bandar udara terbaik di dunia tentunya merupakan bukti dari prestasi PT Angkasa Pura I, harapannya ini juga bisa diterapkan di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang," kata salah satu anggota komisi V DPR RI Roem Kono di sela kunjungannya di Semarang, Selasa (28/4/2015).

Menurutnya, memperbaiki Bandar Udara Ahmad Yani merupakan tantangan Jateng khususnya Kota Semarang karena merupakan jantung dari salah satu provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Pihaknya berharap, dengan adanya perbaikan tersebut maka Ahmad Yani bisa menjadi ikon dari Kota Semarang.

"25-50 tahun lagi pertumbuhan jumlah penduduk salah satunya di Semarang pasti akan luar biasa, jangan sampai justru kita menjadi tertinggal dari sektor transportasinya," katanya.

Pihaknya berharap, bukan hanya perbaikan untuk mengembangkan bandara tersebut tetapi juga perawatan karena hal itu penting dalam memengaruhi citra bandara tersebut. "Kalau perawatan tidak diperhatikan maka bandar udara bisa kehilangan citranya di depan masyarakat khususnya calon penumpang yang ingin masuk maupun keluar melewati bandar udara tersebut," katanya.

Senada, Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga bertindak sebagai ketua tim kunjungan kerja Yudi Widiana mengatakan pengembangan Bandar Udara Ahmad Yani tersebut merupakan kegiatan strategis dan harus menjadi perhatian Pemerintah karena menyangkut pergerakan orang dan barang.

"Kami berharap pengembangan ini bisa berjalan lancar dan segera selesai sehingga bisa segera mempermudah pergerakan yang ada," katanya.

Sementara itu, pada pemaparan di depan rombongan anggota komisi yang membidangi perhubungan, telekomunikasi, pekerjaan umum, perumahan rakyat, dan pembangunan pedesaan serta kawasan tertinggal tersebut, Direktur Teknik PT Angkasa Pura I Polana Banguningsih Pramesti mengatakan dengan total investasi sebesar Rp1,56 triliun tersebut diharapkan pada 2017 Bandar Udara Ahmad Yani bisa beroperasi dengan lancar dan sesuai rencana awal.

"Sesuai dengan rencana, pengembangan akan dibagi ke dalam empat paket. Untuk paket pertama yaitu pematangan jalan dan jalan akses, kedua persiapan apron, ketiga pengembangan di gedung terminal, dan keempat adalah fokus di bangunan penunjang di antaranya kantor dan area parkir," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: