Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin: Ada Sejuta UMKM Sulit Dapat Izin

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Bidang Pemberdayaan Daerah Natsir Mansyur mengatakan saat ini terdapat satu juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah sulit mendapatkan izin untuk membuka usahanya.

"Saat ini sedikitnya satu juta pelaku UMKM se-Indonesia kesulitan mendapatkan perizinan usaha," kata Natsir Mansyur dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Untuk itu, ujar dia, pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah diharapkan juga dapat mendukung UMKM terutama dari sisi akses legalitasnya. Apalagi, ia mengingatkan bahwa saat ini kondisi bisnis relatif sedang lesu serta tingkat perekonomian di daerah pun kondisinya juga dinilai sedang tidak begitu baik.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Tetap Ketenagakerjaan Kadin Indonesia Nofel Saleh Hilabi mengutarakan harapannya agar pemerintah daerah dapat lebih fleksibel dengan tidak mempersulit hal-hal yang bisa dipermudah.

Menurut Nofel, dengan dipermudahnya pelaku usaha dalam proses perizinan niscaya akan tumbuh sentra-sentra ekonomi baru yang diharapkan akan mempercepat perputaran ekonomi dan memperbanyak penyerapan tenaga kerja. Selain itu, lanjutnya, dengan cepatnya perputaran ekonomi maka pemasukan pemerintah dari sektor pajak usaha tentunya akan lebih banyak.

Nofel juga mengingatkan bahwa hal tersebut sejalan dengan konsentrasi pemerintah saat ini yang ingin melahirkan banyak pelaku usaha pemula.

"Dibutuhkan banyak lokasi yang dijadikan zonasi usaha, terutama DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara, supaya para pelaku usaha terus tumbuh dan berkembang," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: