Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lima Tahun Terakhir, Produktivitas Padi Lampung Naik 5%

Warta Ekonomi -

WE Online, Lampung - Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Pemerintah Provinsi Lampung Eko Diah Purwaningsih mengatakan ada empat komoditas unggulan di Provinsi Lampung, yakni padi, ubi kayu, kedelai, dan jagung.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa untuk komoditas padi khususnya di Provinsi Lampung dalam lima tahun terakhir menunjukkan tren peningkatan antara 4,6-5%. Ia pun menambahkan bahwa saat ini padi menempati rangking ketujuh dari sisi kontribusi secara nasional.

"Untuk padi, meskipun rangking ketujuh nasional, namun kami telah berupaya untuk melakukan gerakan percepatan tanam maupun panen serta penerapan teknologi. Hal ini agar bagaimana kita di rangking tujuh kita bisa mengejar menjadi rangking dua," kata Diah di Kantor Perum Bulog Drive Lampung, Lampung, Selasa (29/4/2015).

Untuk komoditas jagung, saat ini menempati rangking ketiga secara nasional. "Nomor satu kontribusi nasional terbesar yang belum bisa dikalahkan provinsi manapun ialah ubi kayu. Tetapi, untuk komoditas kedelai di Lampung belumlah maksimal. Dari sisi segi peringkat 10 besar saja tidak. Tetapi, pada tahun 1988-90'an Lampung pernah swasembada kedelai. Sekarang lma tahun ke belakang kisarannya tidak lebih dari 10 ribu ton biji kering untuk kedelai," ungkapnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: