Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Produk Indonesia Laris Manis di Malaysia

Warta Ekonomi -

WE Online, Kuala Lumpur - Ekspor aneka produk non migas Indonesia di Malaysia akan terus ditingkatkan mengingat penerimaan konsumen di negara ini terhadap produk yang dihasilkan di Tanah Air masih bagus.

"Sejauh ini penerimaan terhadap produk Indonesia masih cukup bagus," ungkap Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur, Fajarini Puntodewi disela-sela pameran "Experience Remarkable Indonesia" di mall NU Sentral, Kuala Lumpur, Rabu (29/4/2015).

Misalnya produk makanan dan minuman, angkanya 15 persen dari total ekspor Indonesia ke negara ini yang jumlahnya sekitar 9 miliar. Kalau dihitung sekitar 2 miliar dolar AS ekspor aneka produk makanan dan minuman Indonesia ke negara ini.

Namun diakuinya, untuk produk pakaian, angkanya masih cukup kecil sekalipun kualitas, motif ataupun harganya kompetitif di pasar negara ini. "Padahal jika dilihat cukup banyak produk kita yang bagus-bagus," ungkapnya.

Dalam hal ini, lanjut dia, pihak KBRI akan terus berupaya untuk melakukan promosi langsung ke konsumen termasuk melakukan pameran di pusat-pusat perbelanjaan di negara ini. Sementara itu, ekspor Indonesia ke Malaysia masih didominasi pada bahan baku seperti CPO, batubara, timah, dan produk pertambangan lainnya.

"Produk ekspor Indonesia ke Malaysia masih mayoritas bahan tambang dan bahan baku lainnya," ucapnya.

Namun demikian, lanjut dia, produk-produk manufakturing dari Indonesia juga sudah banyak yang merambah pasar Malaysia seperti mie instan, kopi, teh dan lainnya. Bahkan, untuk kopi bubuk hitam, produk Indonesia sudah cukup menguasai pasar negara ini. Produk tersebut sudah termasuk pemasok empat besar di negara ini," ungkapnya.

Dia menambahkan agar lebih bisa memenangi pasar maka perlu dilakukan peningkatan daya saing produknya baik dari segi kualitas, motif, atau pun harga.

"Persaingan saat ini semakin ketat, maka kita harus gigih untuk meningkatkan daya saing produk kita. Jangan pernah ada putus asa untuk terus melakukan promosi," tegasnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno sangat mendukung kegiatan promosi produk Indonesia di negara ini agar bisa lebih berdaya saing tinggi dan dapat diterima konsumen di pasar internasional.

"Pameran produk seperti ini cukup bagus agar produk kita makin dikenal dan kegiatan seperti ini sangat penting guna meningkatkan daya saing produk buatan dalam negeri," ucapnya.

Ajang pameran seperti ini, lanjut dia, juga berguna bagi para produsen karena bisa dimanfaatkan sebagai tempat studi banding dengan produk sejenis yang juga ditawarkan di pusat perbelanjaan di Malaysia.

Dalam pameran bertajuk "Experience Remarkable Indonesia" ditawarkan aneka produk seperti kosmetika, jamu-jamuan, kerajinan tangan, pakaian jadi, tas, hingga produk manufakturing seperti mie instan, kopi bubuk, teh dan lainnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: