Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenpan Beri Penghargaan Denpasar 'Inovasi Top Nasional Bidang Pelayanan Publik'

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menganugrahkan penghargaan kepada Pemerintah Kota Denpasar sebagai "Inovasi Top Nasional Bidang Pelayanan Publik".

Kepala Bagian Publikasi Humas dan Protokol Pemkot Denpasar Dewa Gede Rai di Denpasar, Kamis mengatakan penyerahan penghargaan tersebut sudah dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu (29/4/2015) kepada Pemkot Denpasar diwakili Asisten II Setda Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Gede Astika.

"Penyerahan penghargaan tersebut sudah dilakukan kemarin di Gedung Bidakara Jakarta pada acara penganugrahan Pelayanan Publik Tingkat Nasional 2015," katanya.

Dikatakan, penghargaan yang diraih Pemkot Denpasar telah melalui tahapan penilaian, pengujian dari tim panelis Menpan-RB, termasuk juga peninjauan langsung pelaksanaan "Drive Thru Kir 26 Menit" di kawasan Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan beberapa waktu lalu.

Terbentuknya sistem inovasi "Drive Thru Kir" ini juga tidak terlepas dari pengelolaan permasalahan yang sering sebagai penghambat pada proses pelayanan kir di Denpasar. Sehingga dengan inovasi "Drive Thru Kir" berbagai kemudahan didapat masyarakat, mulai dari proses pendaftaran hingga akhir uji kir dengan melihat indeks kepuasan masyarakat (IKM) mencapai 90,93 persen pada tahun 2014.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Gede Astika mengatakan melalui penerapan proses pelayanan yang transparan, akuntabel dan tepat waktu, maka proses uji kir dengan sistem "Drive Thru" membutuhkan waktu dari pendaftaran berkas hingga penyelesaian hanya 26 menit.

Sedangkan pada proses uji kir mobil dengan sistem yang lama membutuhkan waktu hingga 60 menit sehingga menjadi penumpukan antrean yang akan melakukan uji kir. Namun dengan inovasi ini membawa dampak pada jumlah kendaraan yang dilayani meningkat dari 150 unit per hari dengan sistem lama, menjadi 250 unit per hari.

Komitmen Wali Kota Rai Mantra, menurut Astika pihaknya telah melaksanakan penguatan dengan janji layanan yang tidak terlepas dari semboyan "Sewaka Dharma" yakni Melayani adalah Kewajiban.

"Penguatan dan keberlanjutan layanan ini juga telah didukung dengan peningkatan kwalitas SDM melalui pelatihan hingga melakukan kalibrasi alat uji terjadwal. Disamping itu juga telah didukung dengan sistem secara online melalui penerapan ISO 9001 : 2008 untuk SOP pelayanan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: