Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRI Akan Jaga NIM pada Level 7,7-8 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam menyatakan pihaknya akan menjaga level marjin bunga bersih (net interest margin/NIM) pada kisaran 7,7-8 persen sepanjang tahun 2015. "Tahun ini, NIM akan kami jaga pada level single digit 7,7-8 persen," ujar Asmawi pada jumpa pers di Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Pada triwulan I-2015, marjin bunga bersih BRI memang menurun apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 9,06 persen menjadi 7,57 persen. Asmawi menuturkan, melalui strategi BRILink (branchless banking) yang menargetkan 50.000 agen pada tahun ini, akan dapat membantu menaikkan marjin perseroan.

"Kita tergerus oleh dana mahal, sekarang secara bertahap kami akan turunkan porsi dana mahal ini dan menggantinya dengan dana murah," kata Asmawi.

Wakil Direktur BRI Sunarso mengatakan, kendati marjin bunga bersih bank plat merah tersebut menurun, namun masih tertinggi dibandingkan bank-bank lain ataupun secara rata-rata industri. Namun, lanjut Sunarso, komitmen industri untuk lebih efisien dalam operasional perusahaan juga tetap diharapkan agar suku bunga semakin terjangkau sehingga dapat mendorong pertumbuhan.

"Masalahnya sekarang pertumbuhannya tidak seperti yang diinginkan. Ada masalah CAD (defisit neraca transaksi berjalan/current account deficit), likuiditas, dan sebagainya," ujar Sunarso.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2015 sendiri diperkirakan hanya sekitar 5 persen. Sebelumnya, Bank Indonesia juga sudah menyebutkan kecenderungan pertumbuhan ekonomi batas bawah perkiraan bank sentral yakni 5,4 persen. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: