Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SIGMA: Pernyataan Buwas Tentang Presiden Preseden Buruk

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta - Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin mengatakan pernyataan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Polisi Budi Waseso (Buwas) yang menyebut permintaan Presiden Joko Widodo tentang penahanan Novel Baswedan bisa menjadi preseden buruk.

"Semoga pernyataan bahwa Presiden lebay itu hanya terpeleset lidah saja. Bila pernyataan itu benar, maka Budi Waseso sedang menunjukkan sikap tidak hormat kepada Presiden," kata Said Salahudin dihubungi di Jakarta, Sabtu (2/5/2015).

Said mengatakan pernyataan Budi Waseso itu sangat mengganggu. Kalimat itu memberi kesan dia meremehkan perintah Presiden.Padahal, dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, Presiden adalah atasan dari institusi kepolisian. Apapun permintaan Presiden kepada Polri harus diterjemahkan sebagai perintah.

"Maka konsekuensinya adalah seluruh anggota kepolisian tanpa terkecuali harus menunjukan rasa hormat dan melaksanakan apapun yang diperintahkan Presiden," tuturnya.

Begitu pula dengan pernyataan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Polisi Anton Charliyan yang mempertanyakan maksud perintah Presiden kepada Wakapolri Komjen Polisi Budi Gunawan agar tidak membuat kontroversi."Semoga juga hanya terpeleset lidah. Bila pernyataan itu benar untuk mematahkan pernyataan Presiden, maka itu memberi kesan mendebat perintah Presiden," katanya.

Said mengatakan sebagai bawahan seharusnya Anton tidak perlu menyoal pernyataan Presiden, meskipun seandainya Wakapolri memang tidak punya sangkut paut dengan penangkapan Novel. "Bila pernyataan dua petinggi Polri itu benar, bukan terpeleset lidah, maka hal itu menjadi tragedi dalam sistem ketatanegaraan kita," ujarnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: